Pemda Diminta Kerahkan Semua Elemen untuk Tangani Perantau yang Mudik

Pemudik dari zona merah COVID-19 harus dipantau serius

Jakarta, IDN Times - Kepala Gugus Tugas COVID-19, Doni Monardo, mengatakan bahwa beberapa daerah sudah siap mengatasi pemudik dari wilayah-wilayah zona merah penyebaran virus corona atau COVID-19. Ia pun meminta jajaran pemerintah daerah hingga ke tingkat desa memantau warga yang mudik untuk isolasi diri.

"Menyangkut mudik, persiapan Pemda sudah ada. Hampir semua Pemda telah mempersiapkan diri," kata Doni dalam keterangan persnya usai rapat terbatas, Senin (6/4).

1. Doni minta kepala desa manfaatkan Karang Taruna, Posyandu, hingga jajaran TNI-Polri

Pemda Diminta Kerahkan Semua Elemen untuk Tangani Perantau yang MudikKepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Doni menyampaikan bahwa Kepala Desa kini menjadi ujung tombak dari pencegahan virus corona di tingkat desa. Ia pun meminta kepala desa untuk memanfaatkan karang taruna, posyandu, dan PKK.

"Dan juga unsur TNI-Polri seperti Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk bersama-sama melakukan isolasi mandiri bagi warga yang baru tiba," ujar Doni.

Baca Juga: Doni Monardo: Daerah yang Ajukan PSBB Harus Punya Rencana Aksi

2. Doni sampaikan terima kasih pada Pemda yang sudah pantau pemudik untuk isolasi diri

Pemda Diminta Kerahkan Semua Elemen untuk Tangani Perantau yang MudikKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kepala BNPB itu juga menuturkan bahwa pemantauan di beberapa daerah sudah berjalan. Ia pun turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah tingkat desa yang sudah melalukan pengawasan.

"Saya selaku kepala gugus tugas menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para kepala desa, kepada lurah, dan juga kepada daerah-daerah yang sudah melakukan hal ini," ucap Doni.

3. Doni imbau daerah-daerah segera pantau warga yang tiba

Pemda Diminta Kerahkan Semua Elemen untuk Tangani Perantau yang MudikKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bagi daerah yang belum melakukan pemantauan hingga tingkat desa, Doni mengimbau agar pemerintah daerah segera melakukan hal itu. Menurutnya jika pemantauan bisa dilakukan dengan baik, maka akan mencegah penyebaran virus corona.

"Apabila instrumen ini bisa berjalan efektif, maka kita mampu melakukan upaya pencegahan terhadap masyarakat yang berisiko tinggi," jelas Doni.

Baca Juga: 5 Cara Menolong Orangtuamu tanpa Harus Mudik Saat COVID-19 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya