Pemerintah Pastikan Belum Ada Kasus Positif Virus Corona di Indonesia

Tapi masyarakat tetap harus waspada

Jakarta, IDN Times - Kantor Staf Presiden melalui Pusat Informasi Terpadu Penanganan Virus Corona, menginformasikan hingga Jumat pukul 12.00 WIB, belum ada satu kasus positif virus corona di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Plt Deputi II KSP Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Abetnego Taringan.

"Kami ingin infokan hingga 7 Februari 2020 per jam 12.00 siang, belum ditemukan satu pun kasus yang positif di Indonesia," kata pria yang kerap disapa Abet itu di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

1. Pemerintah tengah bekerja sama dengan WHO untuk atasi virus corona

Pemerintah Pastikan Belum Ada Kasus Positif Virus Corona di IndonesiaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Abet mengungkapkan, saat ini pemerintah juga terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan untuk identifikasi virus corona. Dia menambahkan, pemerintah juga bekerja sama dengan WHO dalam mengatasi virus corona.

"Dan WHO sudah menyampaikan pengumuman, tetapi perlu diingat bahwa pemerintah bekerja sama dengan WHO untuk memastikan penanganan corona bisa dilakukan dengan baik," ujar Abet.

Baca Juga: Xi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona

2. Pencegahan dianggap penting untuk atasi virus corona

Pemerintah Pastikan Belum Ada Kasus Positif Virus Corona di IndonesiaPenjual bunga Wang Haiyan, 41 tahun, bekerja di antara bunga-bunga di dalam toko miliknya saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru di Shanghai, Tiongkok, pada 5 Februari. ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

Meski virus corona belum terdeteksi di Tanah Air, kata Abet, Indonesia tetap harus waspada ke depannya. Sehingga, lanjutnya, pencegahan adalah hal yang penting.

"Karena yang namanya epidemi urusannya public health. Sehingga peran masyarakat dalam pencegahan menjadi penting. Lalu, gaya hidup sehat sangat dibutuhkan dalam respons," jelas dia.

3. Pemerintah harap Pusat Informasi Terpadu bisa membuat stigma masyarakat jadi positif

Pemerintah Pastikan Belum Ada Kasus Positif Virus Corona di IndonesiaPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 4 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terkait dengan penanganan virus corona, ujar Abet, pemerintah pun berharap adanya Pusat Informasi Terpadu (PIT) bisa membuat masyarakat memiliki stigma positif.

"Dengan penanganan ini, kami sangat berharap dengan adanya PIT, kita hindari stigmatisasi dan jangan menjadi diskriminasi," ucapnya.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bayi di Wuhan Terinfeksi Virus Corona 30 Jam Setelah Lahir

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya