Penyuntikan Vaksin, Jokowi Beri Waktu Menteri 2 Pekan Susun Rencana

Jokowi minta ada rencana detail sebelum pelaksanaan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta jajarannya untuk merencanakan penyuntikan vaksin COVID-19 sejak awal. Dia pun memberikan waktu dua pekan kepada menterinya untuk merencanakan penyuntikan vaksin.

"Saya minta dalam dua minggu ini sudah ada perencanaan yang detail, kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, siapa yang divaksin pertama, semuanya harus terencana dengan baik," kata Jokowi dalam rapat terbatas, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: Tekan COVID-19 Jokowi Minta Daerah Terapkan Mini Lockdown, Apa Itu?

1. Jokowi ingin ketika ada vaksin, pelaksanaan di lapangan berjalan dengan baik

Penyuntikan Vaksin, Jokowi Beri Waktu Menteri 2 Pekan Susun RencanaPresiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT. Bio Farma Honesti Basyir (kiri) saat meninjau fasilitas produksi gedung 43 yang nantinya akan digunakan untuk memproduksi vaksin COVID-19, di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020). ANTARA FOTO/HO/dok PT Bio Farma/

Jokowi menuturkan, selama dua pekan ke depan, rencana penyuntikan vaksin harus sudah tersusun dengan baik. Sehingga, ketika vaksin sudah ada, pelaksanaan di lapangan akan tertata.

"Sehingga saat vaksin ada, itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan," ujarnya.

2. Jokowi sebut kasus aktif COVID-19 di Indonesia lebih rendah sedikit dari rata-rata dunia

Penyuntikan Vaksin, Jokowi Beri Waktu Menteri 2 Pekan Susun RencanaPresiden Joko memberikan pidato di Sidang Umum PBB (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi juga memaparkan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia per 27 September 2020. Dia menyampaikan, kasus aktif di Indonesia sudah sedikit lebih rendah dari rata-rata dunia. Dia pun meminta jajarannya untuk terus memperbaiki hal tersebut.

"Rata-rata kasus aktif di Indonesia itu 22,46 persen. Ini sedikit lebih rendah daripada rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 23,13 persen. Saya kira ini baik untuk terus diperbaiki lagi," ujarnya.

3. Rata-rata kesembuhan COVID-19 di RI lebih rendah dari angka dunia

Penyuntikan Vaksin, Jokowi Beri Waktu Menteri 2 Pekan Susun RencanaPerawat menangani pasien di Poli Pinere RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, pada 9 Juli 2020. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Selanjutnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyampaikan, rata-rata kesembuhan di Indonesia menurun dan lebih rendah dari rata-rata dunia. Jokowi menuturkan, rata-rata kesembuhan kasus COVID-19 di RI mencapai 73,76 persen.

"Ini sedikit lebih rendah dibandingkan kesembuhan dunia di angka 73,85," papar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Marahi Menterinya Lagi: Jangan Buat Program Sendiri-sendiri!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya