Pilih Erick Thohir, Jokowi: Dia Pengusaha Besar yang Punya Media

Jokowi ingin ada perpaduan politik dan profesional di timnya

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden petahana, Joko "Jokowi" Widodo telah memilih Erick Thohir sebagai ketua tim pemenangannya di Pilpres 2019. Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Jokowi di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).

"Pada hari ini saya mengumumkan bahwa ketua dewan pengarah tim kampanye nasional Jusuf Kalla (JK). Ketua tim kampanye nasional adalah Bapak Erick Thohir," kata Jokowi saat mengumumkan nama Erick sebagai ketua tim pemenangan.

Lalu, apa alasan Jokowi memilih Erick Thohir sebagai ketua tim pemenangan?

1. Jokowi inginkan kombinasi antara profesional dan politisi

Pilih Erick Thohir, Jokowi: Dia Pengusaha Besar yang Punya MediaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat ditanya alasannya memilih seorang pengusaha muda untuk menjadi ketua tim pemenangan, Jokowi menjawab bahwa koalisinya menginginkan kombinasi antara profesional dan politisi.

"Ya ini kombinasi, kami ingin kombinasi supaya semuanya bisa ikut memiliki, jadi ada profesional pengusaha, ada juga politisi, ya kalau campur-campur kan bagus," ujar Jokowi di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Jumat (7/9).

2. Jokowi puji Erick sebagai pengusaha sukses

Pilih Erick Thohir, Jokowi: Dia Pengusaha Besar yang Punya MediaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurut Jokowi, Erick adalah sosok pengusaha muda yang memiliki banyak pengalaman. Selain itu, pengalaman di bidang usahanya sudah tidak diragukan lagi.

"Saya kira gak usah saya ceritakanlah Pak Erick Thohir itu siapa, dia seorang profesional pengusaha, pengusaha besar ya yang memiliki media, klub bola, klub basket, memiliki banyak," jelasnya.

Baca Juga: Ini Gambaran Sosok Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

3. Banyak tokoh politik di koalisi, Jokowi pilih Erick sebagai ketua tim pemenangan

Pilih Erick Thohir, Jokowi: Dia Pengusaha Besar yang Punya MediaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait pengalamannya di politik, Jokowi mengatakan itu bukanlah prioritas. Bagi Jokowi, di sekitar Erick sudah ada tokoh-tokoh politik yang akan membantunya nanti.

"Ini bukan urusan berpolitik. Ini urusan manajemen, mengelola kampanye ini sehingga bisa berjalan dengan baik. Kombinasi politik kan sudah banyak sekali. Sekjen-sekjen politik kurang apa?" terang Jokowi.

"Nanti di dewan penasehat kan semua ketua partai. Dewan pengarah ada Pak JK dengan background pengalaman panjang di bidang politik," lanjut dia.

Melihat banyaknya tokoh politik yang sudah ada di dalam koalisi, sehingga Jokowi pun memutuskan untuk memilih profesional sebagai ketua tim pemenangan.

"Saya kira, sehingga ketua umumnya kita berikan kepada seorang profesional muda pengusaha yaitu Pak Erick Thohir," tambahnya.

Apa komentar kamu dengan terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf, guys?

Baca Juga: 5 Hal Mengenai Erick Thohir, Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya