Rawan Gempa, PDIP Minta Anies Baswedan Cek Gedung-gedung di Jakarta

Apakah gedung-gedung itu didesain tahan gempa?

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) telah mengirim surat kepada Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta agar mendorong Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pengecekan terhadap gedung-gedung di Jakarta.

1. PDIP meminta Anies mengecek gedung di Jakarta

Rawan Gempa, PDIP Minta Anies Baswedan Cek Gedung-gedung di JakartaIDN Times/Irfan Fathurohman

Hasto mengatakan beberapa hari lalu DPP mengirimkan surat kepada Fraksi di DPRD DKI Jakarta. Surat bersisi permintaan kepada Anies agar melakukan pengecekan terhadap potensi bencana di Jakarta.

"Kita melihat potensi bencana di DKI, di dalam surat instruksi DPRD, kami meminta agar Fraksi PDIP menanyakan kepada Pak Gubernur persiapan-persiapan itu," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (13/12).

Baca Juga: Teluk Jakarta Penuh Sampah, Anies Akan Saring Sungai

2. Masyarakat harus sadar potensi bencana

Rawan Gempa, PDIP Minta Anies Baswedan Cek Gedung-gedung di Jakartastuff.co.nz

Menurut Hasto, karena Indonesia masuk ke dalam pusaran ring of fire, maka potensi bencana bisa terjadi kapan saja. Sehingga, alangkah baiknya apabila masyarakat bisa sadar akan hal itu.

"Antisipasi itu merupakan langkah terbaik, dengan mengetahui potensi-potensj bencana dan menyiapkan masyarakat kita agar punya kesadaran terhadap bencana tersebut," jelasnya.

3. Anies didorong mengecek persiapan gedung hadapi gempa

Rawan Gempa, PDIP Minta Anies Baswedan Cek Gedung-gedung di JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar

Selain itu, PDIP juga meminta Anies untuk mengecek gedung-gedung di Jakarta. Hal itu diungkapkan, agar ke depannya, gedung-gedung sudah mempersiapkan bila terjadi gempa.

"Dan kami meminta untuk dilakukan pengecekan apakah gedung-gedung di Jakarta sudah dibangun dengan mempertimbangkan aspek-aspek itu," terang dia.

4. Indonesia harus bisa melakukan pencegahan seperti Jepang

Rawan Gempa, PDIP Minta Anies Baswedan Cek Gedung-gedung di JakartaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Hasto mencontohkan negara-negara dengan potensi bencana yang sama seperti di Indonesia. Salah satunya Jepang. Seharusnya Indonesia bisa melakukan hal sama dalam menghadapi bencana.

"Ya kalau kita lihat negara-negara yang berada di daerah bencana seperti Jepang, mempertimbangkan aspek-aspek itu, setiap bangunan dirancang sebaik-baiknya, paling tidak mampu menahan untuk 9,3 sr," ucapnya.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Alami 31 Kegempaan Letusan

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya