Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi Harap Kemacetan Berkurang

Jokowi sebut pembangunan tol layang sangat rumit

Bekasi, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated sepanjang 36,4 km, pada Kamis (12/12). Jalan tol layang Jakarta-Cikampek tersebut memang sengaja diresmikan menjelang libur Natal dan tahun baru.

Jokowi mengatakan, tol layang Jakarta-Cikampek bisa segera digunakan. Ia juga berharap keberadaan jalan tol ini bisa mengurangi kemacetan.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated sudah rampung, dan segera bisa kita manfaatkan," kata Jokowi di lokasi peresmian, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi 15 Desember, Gratis 15 Hari

1. Jokowi berharap tol layang Jakarta-Cikampek II bisa kurangi kemacetan 30 persen

Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi Harap Kemacetan BerkurangJalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) (IDN Times/Helmi Shemi)

Melihat pembangunan tol layang tersebut sudah selesai dan akan segera dibuka, Jokowi pun berharap kemacetan berkurang dan masyarakat tidak lagi menghabiskan waktu berjam-jam di kawasan tersebut.

"Kita harapkan kemacetan di jalur ini bisa berkurang 30 persen. Ini bisa mengirit BBM," kata Jokowi.

2. Jokowi akui dapat banyak keluhan macet di jalur Jakarta-Cikampek

Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi Harap Kemacetan BerkurangPresiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated, Kamis 12 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi mengatakan, sebelumnya ia mendapatkan banyak keluhan tentang kemacetan dari Jakarta ke Cikampek, dan begitu sebaliknya. Dengan adanya jalan tol layang itu, Jokowi berharap kemacetan bisa berkurang.

"Banyak keluhan-keluhan yang masuk kepada saya, kalau sudah lewat Tol Jakarta-Cikampek, macetnya bisa berjam-jam, dan kita harapkan dengan selesainya Jakarta-Cikampek II Elevated ini, persoalan itu sudah tidak kita dengar lagi," ujar Jokowi.

3. Jokowi sebut proses pembangunan jalan tol layang Jakarta-Cikampek sangat rumit

Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek, Jokowi Harap Kemacetan BerkurangJalan Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) (IDN Times/Helmi Shemi)

Tak lupa Jokowi mengapresiasi selesainya pembangunan tol tersebut. Jokowi menyebut, proses pembangunannya sangat rumit. Jalan Tol Jakarta-Cikampek I harus tetap dibuka, namun pembangunan tetap berjalan.

"Di dekatnya ada pembangunan LRT dan di dekatnya ada pembangunan kereta cepat, sehingga bukan sesuatu yang gampang diselesaikan. Karena berada di tengah lalin padat. Ada 200 ribu kendaraan lalu lalang setiap hari," ucap Jokowi.

Dalam peresmian Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated tersebut, hadir juga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Siap Beroperasi, Tol Layang Japek II Gratis hingga Tahun Baru 2020

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya