Ribut-Ribut Vaksin Nusantara, Jokowi: Masa Politikus Ngurusin Vaksin

Harusnya Vaksin Nusantara jadi perdebatan ilmiah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut bahwa dirinya mendukung segala bentuk penelitian guna penanganan COVID-19. Pernyataan itu diucapkan Jokowi saat menjawab isu Vaksin Nusantara yang saat ini tengah ramai diperbincangkan.

“Saya mendukung riset,” kata Jokowi seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Jokowi: Jangan Sampai Kasus COVID-19 Naik Lagi karena Kita Lengah

1. Jokowi heran kenapa Vaksin Nusantara diperdebatkan oleh politikus

Ribut-Ribut Vaksin Nusantara, Jokowi: Masa Politikus Ngurusin VaksinPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Mengenai polemik Vaksin Nusantara, Jokowi sendiri heran kenapa menjadi perdebatan di ranah politik. Karena menurutnya, seharusnya itu menjadi perdebatan ilmiah.

“Kok ramai sih? Mestinya perdebatannya itu perdebatan ilmiah, ini masak politikus ngurusin vaksin, lawyer ngurusin vaksin, apa urusannya?" tutur dia.

2. Jokowi akan dukung siapapun yang membuat vaksin sendiri

Ribut-Ribut Vaksin Nusantara, Jokowi: Masa Politikus Ngurusin VaksinIlustrasi vaksin atau jarum suntik. IDN Times/Arief Rahmat

Kendati begitu, Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan selalu mendukung siapapun yang melakukan riset, pengembangan dan penelitian dalam upaya memutus mata rantai COVID-19.

"Ini kan penelitian, siapapun silakan untuk membuat vaksin sendiri," ucap Jokowi.

Baca Juga: Polemik Vaksin Nusantara, DPR Rencanakan Bentuk Pansus Vaksin Impor 

3. Jokowi sebut progres vaksin buatan Tanah Air yang terlihat adalah Vaksin Nusantara

Ribut-Ribut Vaksin Nusantara, Jokowi: Masa Politikus Ngurusin Vaksinilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini, lanjut Jokowi, salah satu vaksin COVID-19 yang sedang diteliti dan dikembangkan di Indonesia adalah vaksin Merah Putih. Ia berharap, semua elemen bangsa untuk bersatu dalam upaya mengakhiri pandemi COVID-19.

“Progres yang saat ini kelihatan adalah salah satunya Vaksin Merah Putih, meskipun mungkin baru tahun 2022 selesai dan dapat digunakan,” kata dia.

Baca Juga: Soal Kontroversi Vaksin Nusantara, Ini Pendapat Menkes Budi Gunadi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya