Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Malang, Pemerintah Santuni Rp50 Juta

Pembangunan dilakukan Mei mendatang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau lokasi terdampak gempa di Malang, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Usai meninjau lokasi, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan untuk pembangunan rumah warga yang terdampak gempa.

"Semua nanti akan dibantu dari pemerintah, yang (kerusakan) berat akan dibangun Rp50 juta, yang sedang Rp25 juta dan yang ringan Rp10 juta," kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

1. Pemerintah akan segera membangun fasilitas umum di Malang

Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Malang, Pemerintah Santuni Rp50 JutaWarga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih magnitudo (m) 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur (ANTARA FOTO/STR/SA)

Jokowi berharap dengan adanya bantuan pemerintah itu, maka rekonstruksi bisa segera dilakukan. Selain itu, fasilitas-fasilitas umum juga segera dibangun.

"Untuk fasilitas umum seperti yang ada di belakang saya ini Insya Allah juga akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Sukabumi Diguncang Gempa Gempa Magnitudo 5,6 

2. Jokowi: Pembangunan akan dimulai pada Mei

Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Malang, Pemerintah Santuni Rp50 JutaPresiden Jokowi meninjau lokasi terdampak gempa di Malang, Jawa Timur (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan target pembangunan di Malang akan dilakukan pada Mei mendatang. Sehingga, kehidupan bisa segera normal.

"Dengan ini saya kira kita ingin agar
kehidupan bisa normal kembali, dan kita harapkan kita semuanya nanti ke sini, ke Kabupaten Malang semuanya sudah segera dimulai kerjakan dalam bulan-bulan Mei ini," ucap Jokowi.

3. Terdapat 1.716 rumah yang rusak akibat gempa

Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Malang, Pemerintah Santuni Rp50 JutaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, gempa bumi terjadi Kabupaten Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Gempa tersebut berpusat di 90 kilometer barat daya Malang dengan kedalaman 25 kilometer. Meski tak berpotensi tsunami, getaran gempa tersebut dirasakan hingga ke beberapa wilayah.

Terkait gempa tersebut, Jokowi menyampaikan telah terjadi kerusakan sebanyak 1.716 rumah.

"Tadi saya sudah dapat laporan kerusakan khusus untuk yang di Kabupaten Malang ada 1.716 rumah, baik rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan," kata Jokowi.

Baca Juga: Gempa Sukabumi Terasa di 16 Daerah, 13 Rumah Alami Kerusakan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya