Comscore Tracker

Rumahnya Akan Digusur, Menteri PUPR Sebut Sudah Tempati Sejak Tahun 90

Wah legowo Pak Basuki

Jakarta, IDN Times - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku tak mempermasalahkan saat rumahnya harus digusur karena pembangunan jalan Tol Becakayu. Meskipun begitu, ia mengaku telah menempati rumah miliknya tersebut sejak tahun 1990.

Isu penggusuran rumah milik Basuki ini diungkapkan oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD melalui akun Twitter-nya, pada Rabu (14/5).

"Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Bekasi akan digusur untuk proyek jalan tol. Padahal, dia lah yang menjadi pimpinan pembuatan jalan," demikian cuitan Mahfud kemarin. 

1. Basuki belum menentukan akan pindah kemana setelah digusur

Rumahnya Akan Digusur, Menteri PUPR Sebut Sudah Tempati Sejak Tahun 90IDN Times/Galih Persiana

Walaupun tak mempermasalahkan penggusuran rumahnya tersebut, Basuki menyebut telah menempati rumahnya selama 29 tahun, yakni dimulai sejak tahun 1990. Namun, sejak adanya rencana pengusutan itu, Basuki mengaku belum tahu akan pindah rumah kemana.

"Ya dipikir-pikir dulu (pindah kemana)," ujar Basuki di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (16/5).

Baca Juga: Rumah Kena Gusur Proyek Tol, Menteri Basuki: Ya Sudah, Terusin!

2. Basuki jelaskan rumahnya menjadi bagian jalur Tol Becakayu

Rumahnya Akan Digusur, Menteri PUPR Sebut Sudah Tempati Sejak Tahun 90IDN Times/Debbie Sutrisno

Basuki menjelaskan adanya penggusuran rumahnya tersebut karena memang lokasinya terletak di jalur Tol Becakayu. Sehingga, ia pun menerima saat rumahnya memang harus digusur.

"Rumahnya Menteri PU ini. Ini jalur Becakayu. Ini saluran ke sini ke pagar 15 meter. Butuh tol 24,7 (km), jadi kena," jelas Basuki.

3. Basuki merasa tak masalah rumahnya digusur

Rumahnya Akan Digusur, Menteri PUPR Sebut Sudah Tempati Sejak Tahun 90(Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) www.twitter.com/@BPSDM_PUPR

Saat Basuki mendengar rumahnya akan digusur, dia mengaku tidak perlu ada hal yang dibesar-besarkan. Menurut dia, apabila memang rumahnya harus digusur karena menjadi bagian dari jalur Tol Becakayu, maka hal itu memang harus dilaksanakan.

"'Kok lama banget kenapa? Pada gak berani kan?'. 'Ini Pak jalurnya'. 'Wah ya terusin. Jangan dibelokin'. Karena ini paling optimal. Lebih cepat. Pondasi di pinggir saluran," cerita Basuki saat tahu rumahnya akan digusur.

4. Rumah Basuki terletak di kompleks pengairan

Rumahnya Akan Digusur, Menteri PUPR Sebut Sudah Tempati Sejak Tahun 90(Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) www.twitter.com/@setkabgoid

Basuki menyampaikan, rumah yang ia tempati saat ini berada di kompleks pengairan. Dulunya rumah itu adalah rumah dinas, namun sudah dibeli olehnya.

Apabila warga yang berada di kompleks tersebut setuju atas pembangunan jalur Tol Becakayu, ujar Basuki, pembangunan akan dilakukan dalam tahun-tahun ini.

"Menurut Waskita, owner proyeknya, tahun-tahun ini kalau disetujui masyarakat kan. Karena itu harus dengan masyarakat semua di kompleks itu," terangnya. 

Baca Juga: Bawaslu: KPU Terbukti Langgar Prosedur Input Sistem Informasi Pemilu 

Topic:

  • Dwi Agustiar

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You