Sah! Presiden Jokowi Lantik 12 Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Maju

Para Wamen langsung bekerja mulai esok

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Upacara pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (23/10).

Dengan mengenakan setelan jas berwarna biru tua dan berdasi merah, Jokowi pun memimpin prosesi pelantikan. Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut mendampingi.

Sekitar pukul 14.00 WIB, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memulai prosesi pelantikan. Jokowi meminta para wakil menterinya untuk mengikuti ucapannya satu per satu secara perlahan.

"Saya akan bertanya kepada saudara-saudara, bersedia kah saudara-saudara untuk diambil sumpah menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi kepada para wakil menteri

"Bersedia," jawab para wakil menteri kompak.

"Demikian untuk mengikuti kata-kata saya," ujar Jokowi lagi.

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap para wakil menteri mengikuti perkataan Jokowi.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka melanjutkan.

Dengan demikian, para Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju telah resmi dilantik dan siap membantu Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin selama 5 tahun ke depan.

Dalam acara pelantikan, hadir pula jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, ada beberapa pimpinan parpol antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua KPU RI Arief Budiman, Kepala BKPM Balil Lahadalia, dan lainnya.

Berikut susunan wamen yang telah dipilih oleh Jokowi untuk membantu para menterinya di Kabinet Indonesia Maju:

1. Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin
2. Wakil Menteri BUMN: Kartika Wiryoadmodjo
3. Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan): Sakti Wahyu Trenggono,
3. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf): Angela Tanoesoedibjo
4. Wakil Menteri Agama (Wamenag): Zainut Tauhid
5. Wakil Menteri ATR/BPN: Surya Tjandra
6. Wakil Menteri PUPR: John Wempi Wetipo
7. Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar
9. Wakil Menteri LHK: Aloe Dohong
10. Wakil Menteri Desa (Wamendes): Budi Arie Setiadi
11. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag): Jerri Sambuaga
12. Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu): Suahasil Nazara

Baca Juga: Jokowi Akan Berikan Dua Posisi Wamen untuk Wakil Papua

Topik:

Berita Terkini Lainnya