Comscore Tracker

Saksi BPN Dicecar Pertanyaan oleh KPU di Sidang MK

Saksi akhirnya mengakui tak ikut dalam verifikasi lapangan

Jakarta, IDN Times - Komisioner KPU Hasyim Asy'ari mendapatkan kesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada saksi pertama BPN, Agus Mohammad Maksum, di sidang sengketa hasil Pilpres 2019, di Mahkamah Konstitusi, Rabu (19/6).

Hasyim kemudian bertanya tentang keterangan-keterangan yang telah disampaikan oleh Agus saat sidang berlangsung. Pertanyaan pertama yang diajukan Hasyim mengenai kehadiran Agus saat BPN hadir ke KPU pada 14 April lalu.

"Pada 14 April mengatakan saudara 'kami datang lagi ke KPU untuk menagih kejelasan tentang laporan BPN. Saudara ikut hadir? Apakah saudara menerima buku penyelesaian ini?" kata Hasyim di ruang sidang.

"Iya hadir dan menerima buku itu," jawab Agus.

"Kalau begitu saudara membaca juga kesimpulan. Dan mengutamakan KPU tidak memberikan jawaban yang proper," kata Hasyim lagi.

Kemudian, Hasyim juga meminta penjelasan kepada Agus tentang 'kami' yang selalu disebutkan Agus saat memberikan kesaksian. Agus di persidangan memang selalu menyebut 'kami' setiap kali memberikan keterangan bahwa ia telah melakukan pengecekan data.

"Yang mengatakan 'kami' verifikasi ke lapangan. Kami itu siapa?" tanya Hasyim.

"Kami melakukan bersama tim kami," jawab Agus.

Lalu, Hasyim juga menanyakan kepada Agus apakah ia ikut dalam verifikasi lapangan tersebut atau tidak.

"Apakah saudara saksi ikut verifikasi ke lapangan yang dilakukan KPU Bawaslu?" tanya Hasyim lagi.

"Kami tidak ikut," ucap Agus.

Baca Juga: [LINIMASA] Sidang Sengketa Pilpres 2019 di MK

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You