Sandiaga Langkahi Makam Tokoh NU Jadi Viral, Ini Komentar Kubu Jokowi

Sandi dianggap tak memiliki etika.

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan, mengomentari tentang viralnya video calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno yang melangkahi makam Kiai Bisri Syansuri di Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Sandi pun dianggap tak memiliki etika karena melangkahi makam salah satu tokoh NU tersebut. Lalu, bagaimana kata Ace tentang viralnya video Sandi?

1. Ace tuding Sandi hanya ziarah politik saja

Sandiaga Langkahi Makam Tokoh NU Jadi Viral, Ini Komentar Kubu JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ace menyampaikan, terkait viralnya video Sandi melangkahi makam salah satu tokoh NU itu dianggapnya kurang beretika. Menurut Ace, sebagai salah satu dari kalangan NU, ziarah ke tempat orang-orang tua atau sesepuh NU memang harus ada etikanya.

"Kalau memang terbiasa dan ziarahnya itu bukan ziarah politik, maka pasti hal-hal tersebut tak kan mungkin terjadi. Apakah etika seperti itu kalau kita menerapkan santri post Islamisme? Kan bukan," kata Ace di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (12/11).

Baca Juga: Cerita Sandiaga Bangun Bisnis dari Nol Setelah Kena PHK di Singapura

2. Ace sesalkan Sandi langkahi makam salah satu tokoh NU

Sandiaga Langkahi Makam Tokoh NU Jadi Viral, Ini Komentar Kubu JokowiIDN Times/Irfan Fathurohman

Melihat video Sandi melakukan hal itu, Ace mengaku sangat menyesalkannya. Karena bagi kalangan NU, sesepuh-sesepuh masih tetap dihormati meski sudah tidak ada lagi di dunia ini.

"Tentu sangat menyesalkan, karena bagaimanapun para pendiri-pendiri NU itu, setiap kami berdoa selalu kami kirimkan Al-Fatihah. Tapi kok ini dilangkahi, jadi buat kami agak mengherankan gitu ya," terangnya.

3. Sandi langkahi makam usai menabur bunga

Sandiaga Langkahi Makam Tokoh NU Jadi Viral, Ini Komentar Kubu JokowiDok. IDN Times/Istimewa

Di dalam video tersebut, tampak Prabowo dan Sandi tengah berziarah ke makam Kiai Bisri Syansuri. Kemudian, Prabowo dan Sandi pun menaburkan bunga di atas makam. 

Sandi yang saat itu mengenakan baju kokoh berwarna putih dan sarung berwarna hijau, melangkahi makam agar bisa menaburkan bunga di makam yang ada di sebelahnya. Dalam video itu juga, tampak Prabowo yang ikut menaburkan bunga memilih untuk memutar sedikit agar tidak melangkahi makam.

Lantas, video Sandi melangkahi makam pun viral dan disebut tidak beretika. Wah, kira-kira gimana menurut kalian tentang video itu, guys?

Baca Juga: Sandiaga Cerita Bibirnya "Dicabein" oleh Sang Ibu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya