Comscore Tracker

Sapa Warga Tarakan, Jokowi Naik Kendaraan Taktis Antipeluru

Jokowi juga bagi-bagi kaus saat menyapa warga

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (19/10/2021). Ada yang menarik saat Jokowi menyapa masyarakat di Tarakan.

Jokowi menyusuri jalan di Tarakan sembari menyapa warga dengan mengendarai kendaraan taktis (rantis) P5 ATAV V1 milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selain itu, Jokowi juga bagi-bagi kaus kepada warga. Lantas, bagaimana momen Jokowi menaiki kendaraan taktis?

Baca Juga: Survei: Pemberantasan Korupsi di Periode Kedua Jokowi Dinilai Buruk

1. Jokowi sapa masyarakat dan bagikan kaus

Sapa Warga Tarakan, Jokowi Naik Kendaraan Taktis AntipeluruJokowi bagikan kaos pada masyarakat di Tarakan, Kalimantan Utara, pada Selasa (19/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat menumpangi kendaraan taktis. Saat Jokowi menyusuri jalanan di Tarakan, tampak juga warga di pinggir jalan berjejer ingin melihat orang nomor satu di Indonesia itu.

Jokowi pun melambaikan tangan kepada warga yang menyapanya.

"Pak Jokowi...Pak Jokowi," teriak warga, yang dibalas Jokowi dengan lambaian tangan.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga membagikan kaus kepada sejumlah warga yang ia temui.

2. Jokowi ingin merasa dekat dengan rakyat

Sapa Warga Tarakan, Jokowi Naik Kendaraan Taktis AntipeluruPresiden Jokowi sapa masyarakat di Tarakan, Kalimantan Utara, pada Selasa (19/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sementara, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan Presiden Jokowi memilih menggunakan kendaraan P6 ATAV V1, karena kendaraan ini dirakit di dalam negeri dan telah diproduksi massal.

“Kita tahu bahwa presiden ingin selalu memperkenalkan produk lokal, mulai dari minuman, makanan, sepatu, jaket, hingga motor custom. Kali ini, presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri, kecuali mesin ya,” ucap Tri.

Selain itu, kata dia, dengan mobil terbuka seperti ini, Jokowi bisa lebih dekat saat menyapa masyarakat. Sebab, hal itu yang diinginkan Jokowi.

“Dalam setiap kunjungan kerja ke daerah, presiden selalu menyapa masyarakat. Namun presiden merasa bila dari mobil yang biasa digunakan masih terasa ada sekat. Dengan mobil yang agak terbuka, presiden berharap masyarakat merasakan kedekatan tersebut,” kata Tri.

3. Tri sebut kendaraan taktis dilapisi baja anti- peluru

Sapa Warga Tarakan, Jokowi Naik Kendaraan Taktis AntipeluruPresiden Jokowi sapa masyarakat di Tarakan, Kalimantan Utara, pada Selasa (19/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terkait keamanannya, Tri menyebut, seluruh lapisan bodi mobil tersebut adalah baja anti-peluru. Bagian depan juga menggunakan kaca anti-peluru. Selaini itu, mobil tersebut memiliki kemampuan mendeteksi arah tembakan musuh.

“Teknologi ini dikenal dengan Gunshot Detection System yang dipasang pada bagian belakang P6 ATAV. Rangka pipa baja untuk melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan," katanya.

Baca Juga: Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Koalisi Parpol Makin Gemuk

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya