Comscore Tracker

Satgas: Juli Bulan Kematian Tertinggi, 30.168 Pasien COVID Meninggal

Juli menjadi bulan dengan kematian terbanyak selama pandemik

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan Juli menjadi bulan dengan angka kematian pasien COVID-19 terbanyak selama pandemik. Bahkan, hingga Kamis (29/7/2021), sudah ada 30.168 pasien yang meninggal.

“Bahkan 27 Juli lalu 2.069 (kematian). Ini bulan dengan kematian paling banyak selama pandemik di Indonesia. Hingga kemarin 30.168 tercatat di bulan ini. Angka ini sangat tinggi mengingat kematian tertinggi Juni lalu 7.913 kematian,” kata Wiku dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/7/2021).

1. Kematian tinggi juga terjadi di luar Jawa-Bali

Satgas: Juli Bulan Kematian Tertinggi, 30.168 Pasien COVID MeninggalSuasana TPU Rorotan, Jakarta Utara. (IDN Times/Athif Aiman)

Menurut Wiku, angka kematian tinggi juga terjadi di luar Jawa-Bali. Kendati begitu, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur masih tinggi angka kematiannya.

“Waspada Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Sumatra Selatan yang turut jadi penyumbang tertinggi kasus mingguan. Ini harus jadi alarm karena sebagian besar tidak menjalani PPKM Level 4,” jelas Wiku.

Baca Juga: [UPDATE] RI Masih Rekor Kasus Kematian Harian COVID Tertinggi di Dunia

2. Wiku minta pemerintah daerah selalu pantau rumah sakit agar kurangi angka kematian

Satgas: Juli Bulan Kematian Tertinggi, 30.168 Pasien COVID MeninggalJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta. Dok. Biro Pers Kepresidenan

Guna menekan angka kematian pasien COVID-19, Wiku meminta pemerintah daerah melakukan upaya terbaik. Dia meminta pemerintah daerah selalu mengantisipasi kenaikan kasus hingga ketersediaan oksigen.

“Untuk pemerintah daerah selalu pantau rumah sakit di wilayah masing-masing-masing-masing, antisipasi kenaikan kasus dengan memastikan ketersedian oksigen, obat-obatan, tempat tidur, dan nakes. Ini dapat meningaktkan kecepatan dan ketepatan pelayanan sehingga kematian dapat dihindari,” ujar Wiku.

3. Satgas sebut pemerintah telah berupaya untuk meningkatkan fasilitas kesehatan

Satgas: Juli Bulan Kematian Tertinggi, 30.168 Pasien COVID MeninggalPetugas mengendarai mobil layanan Ambulans Gawat Darurat (AGD) di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Jakarta, Jumat (25/6/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Wiku menuturkan, sejak akhir Juni 2021, pemerintah berupaya untuk meningkatkan fasilitas kesehatan guna mencegah angka kematian pasien COVID-19. Salah satunya dengan menambah isolasi terpusat dan rumah sakit lapangan.

“Pemberian bantuan ke rumah sakit berupa bantuan tenda serba guna, toilet portabel, selimut, penambahan pasokan oksigen lebih dari 1.000 ton oksigen dari hibah dalam dan luar negeri, pengelolaan truk armada untuk penyaluran oksigen, dan 3.825 oksigen konsentrator, meningkatkan suplai obat-obatan di rumah sakit dan beri paket gratis yang isoman,” tutur Wiku.

“Serta rencana penambahan tenaga kesehatan dari perawat yang belum ambil uji kompetensi dan dokter yang selesai magang,” lanjutnya.

Baca Juga: [UPDATE] Sebanyak 1.893 Orang Meninggal Akibat COVID-19 Hari Ini

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya