Sebelum Dilantik Jadi Presiden, Jokowi Kebanjiran Tamu Negara

Mulai dari Sultan Brunei hingga PM Australia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima kunjungan dari para pimpinan dan perwakilan negara di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (20/10). Pertemuan ini digelar hanya beberapa jam sebelum pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden.

Kunjungan para pemimpin negara itu dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Mereka antara lain Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, PM Australia Scott Morrison, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Kamboja Hun Sen, Raja Eswatini, Raja Mswati III.

Jokowi menerima para pimpinan negara dengan ditemani oleh sang istri, Irian Jokowi. Selain Iriana, ada juga Menteri Luar Negeri periode 2014-2019, Retno Marsudi yang menemaninya.

"Setelah Bapak pelantikan, akan ada lagi wakil presiden RRT, wakil presiden Vietnam, wakil presiden Myanmar, dan para utusan khusus. Utusan khusus dari Korea, Filipina, Jepang, UAE dan Amerika," kata Retno di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Minggu (20/10).

Usai menerima kunjungan dan ucapan selamat dari para pimpinan negara, Jokowi akan langsung menuju Gedung MPR guna melakukan pelantikan sebagai Presiden di periode keduanya, yakni 2019-2024.

Acara pelantikan presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB di Gedung MPR. Dalam Pilpres 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf berhasil memenangkan suara 85.607.362 atau 55,50 persen. Berdasarkan perolehan suara tersebut, akhirnya Jokowi-Ma'ruf pun terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Amin Dilantik Hari Ini, Begini Sikap BEM SI

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya