Comscore Tracker

Sempat Khawatir Penuh, Bagaimana Ketersediaan ICU di DKI Saat Ini?

Ruang ICU yang tersedia sudah berhasil ditambah di DKI

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Doni Monardo, memaparkan data ketersediaan ruang Intensive Care Unit (ICU) di DKI Jakarta. Sebelumnya, pemerintah sempat khawatir ruang ICU di DKI Jakarta penuh pada 17 September lalu.

Namun, Doni mengatakan bahwa ketakutan pemerintah itu tak terjadi berkat kerja keras semua pihak. Dia menyebut, hingga tanggal 28 September 2020, ketersediaan ruang ICU di rumah sakit rujukan di DKI Jakarta ada sebanyak 204 tempat tidur.

1. Sempat khawatir penuh, pemerintah tambah tempat tidur ruang ICU di rumah sakit rujukan DKI Jakarta

Sempat Khawatir Penuh, Bagaimana Ketersediaan ICU di DKI Saat Ini?Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. IDN Times/Debbie Sutrisno

Doni menjelaskan, awalnya pemerintah memang khawatir akan penuh pada 17 September lalu. Tetapi, antisipasi pun dilakukan dengan menambah tempat tidur di ruang ICU.

"Tapi, kerja keras seluruh komponen, pemerintah pusat, pemerintah DKI, dan seluruh pimpinan rumah sakit, sekarang sudah ada bed untuk ICU sebanyak 725 unit. Tambah lagi ada 34 unit yang sedang berproses dari rumah sakit Wisma Atlet," ujar Doni dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/9/2020).

Baca Juga: Kisah Haru Perawat ICU Donorkan Plasma Demi Selamatkan Nyawa Sahabat

2. Ruang ICU yang tersedia di rumah sakit rujukan di DKI Jakarta tersisa 204 tempat tidur

Sempat Khawatir Penuh, Bagaimana Ketersediaan ICU di DKI Saat Ini?Rumah Sakit Hermina, Kemayoran Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dari total 725 tempat tidur di ruang ICU yang tersedia, Doni mengatakan bahwa tempat tidur yang terisi sebanyak 521. Sehingga, total tempat tidur di ruang ICU yang masih tersedia hingga saat ini yaitu sebanyak 204 tempat tidur.

"Kita harap tidak bertambah lagi saudara kita yang sakit," harap Doni.

3. Jumlah ruang isolasi di rumah sakit rujukan di DKI Jakarta tersisa 1.040 tempat tidur

Sempat Khawatir Penuh, Bagaimana Ketersediaan ICU di DKI Saat Ini?Ilustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, untuk jumlah ruang isolasi di rumah sakit rujukan di DKI Jakarta sebanyak 4.824 tempat tidur. Saat ini, ruang isolasi sudah terisi 3.784 tempat tidur, sehingga yang masih tersedia yaitu berjumlah 1.040 tempat tidur.

"Ini pun kita harapkan tidak ada penambahan lagi," ucap Doni.

4. Sebanyak 2.506 tempat tidur di Wisma Atlet masih tersedia

Sempat Khawatir Penuh, Bagaimana Ketersediaan ICU di DKI Saat Ini?Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sedangkan di Wisma Atlet Kemayoran, kata Doni, total ruang isolasi berjumlah 4.664 tempat tidur. Hingga tadi pagi pukul 06.00 WIB, ruang isolasi sudah terisi sebanyak 2.158. Sehingga, yang tersedia berjumlah 2.506 tempat tidur.

"Sehingga total untuk tempat tidur ruang isolasi DKI, baik yang berasal dari rumah sakit rujukan COVID, termasuk Wisma Atlet, semuanya 3.546 beds. Kita masih tersedia 3.546 beds di luar hotel yang sekarang dalam proses di DKI, termasuk provinsi prioritas lainnya," jelas Doni.

Baca Juga: Fasilitas ICU Wisma Atlet Direncanakan Dibongkar

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya