Server Down, DPR: UNBK Harusnya Jangan Membebani Rakyat

DPR membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk evaluasi UNBK

Jakarta, IDN Times – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama dan MTS sempat mengalami kendala server di beberapa sekolah. Menanggapi down server UNBK, Anggota Komisi X Ferdiansyah mengungkapkan bahwa DPR RI telah mengingatkan Kemendikbud terkait hal itu.

1. UNBK seharusnya mengadakan pemetaan kesiapan

Server Down, DPR: UNBK Harusnya Jangan Membebani RakyatANTARA FOTO/Didik Suhartono

Ferdiansyah mengatakan Komisi X sebelumnya telah mengingatkan kepada Kemendikbud termasuk BNSP sebagai penyelenggara. Komisi X telah meminta untuk memetakan terlebih dahulu mana yang siap dengan masalah internet, listrik, komputer dan lainnya.

“Siap itu pertama listriknya, kedua internetnya, komputernya, petugas, dari empat ini kalau kita bicara listrik. Listrik yang tidak sering putus, sama yang sering mati. Kemudian internet, mana yang gampang sinyal, sama yang susah sinyal. Yang ketiga soal komputer,” ujar Ferdi di Gedung DPR RI, Selasa (24/4). 

Baca juga: UNBK SMP Bermasalah, Ini 3 Jawaban Mendikbud Muhadjir

2. UNBK harusnya jangan membebani rakyat

Server Down, DPR: UNBK Harusnya Jangan Membebani Rakyat ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Menurut Ferdi, seharusnya pemerintah dan penyelenggara UNBK jangan sampai membebani rakyat. Harusnya juga, pemerintah melakukan pelatihan jauh-jauh hari sebelum UNBK berlangsung.

“Jangan membebani rakyat jadi sulit, sehingga idealnya itu banyak dilakukan pelatihan. Jadi jangan dilakukan pelatihan menjelang UNBK karena masih banyak yang belum mengerti penggunaan komputer pada saat pelaksanaan,” jelasnya.

3. DPR membentuk Panja evaluasi UNBK

Server Down, DPR: UNBK Harusnya Jangan Membebani RakyatIDN Times/Ardiansyah Fajar

Ferdi menyampaikan, saat ini DPR tengah membuat Panitia Kerja (Panja) untuk evaluasi UNBK saat ini. Panja tersebut masuk ke dalam Panja non RUU, dan hanya untuk pengawasan saja.

“Sekarang sedang berjalan Panja evaluasi dasar dan menengah. Panja ini di antaranya juga mengevaluasi pelaksanaan UNBK tersebut. Secara keseluruhan,” terang Ferdi.

Baca juga: 3 Solusi Kemendikbud untuk Peserta UNBK Terdampak Gangguan

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya