Comscore Tracker

Ini yang Membuat Puti Guntur Adalah "Berkah" bagi Gus Ipul

Mba Puti ini sesuatu rahmat

Jakarta, IDN Times – Lembaga survei Poltracking Indonesia menyelenggarakan hasil simulasi survei untuk kedua pasangan calon gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti. Menurut hasil survei, elektabilitas Khofifah unggul sebesar 42,6 persen, dibandingkan Gus Ipul sebesar 39,6 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding meyakini, nantinya pasangan calon Gus Ipul dan Puti Guntur akan memenangkan pertarungan di Jatim.

1. Puti Guntur kejaiban untuk Gus Ipul

Ini yang Membuat Puti Guntur Adalah Berkah bagi Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Setelah kemunduran Anas dalam Pilgub Jawa Timur, Karding menungkapkan jika Gus Ipul menjadi drop untuk elektabilitasnya. Namun, dengan kedatangan Puti Guntur, menurutnya, menjadi sebuah keajaiban bagi Gus Ipul. Sedikit demi sedikit, elektabilitas Gus Ipul pun terus meningkat.

“Lalu menurut saya masuknya Mba Puti ini sesuatu rahmat, sesuatu hal yang luar biasa, keajaiban dan keberuntungan bagi Gus ipul,” ujar Karding dalam survei Poltrecking, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

2. Puti membawa pengaruh elektabilitas Gus Ipul

Ini yang Membuat Puti Guntur Adalah Berkah bagi Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Dipasangkannya Gus Ipul dengan Puti Guntur tampaknya membangkitkan kembali elektabilitas dari Gus Ipul. Karding menyampaikan bahwa setelah kemunduran Anas, dan masuknya Puti ternyata membuat elektabilitas Gus Ipul semakin meningkat.

“Menurut saya syaiful akan reborn, setelah ditinggal Pak Anas, dan setelah bersama Puti ini naik terus,” ucau Karding.

Karding menambahkan, sosok Puti sebagai cucu pertama dari Soekarno memberika efek khusus terhadap masyarakat pendukung Soekarno. Karena bagaimanapun, masyarakat yang mendukung Soekarno, tentunya akan mencari cara untuk memenangkan pasangan tersebut.

3. Dukungan dari para kyai di Jawa Timur

Ini yang Membuat Puti Guntur Adalah Berkah bagi Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski hasil survei dalam Poltracking Gus Ipul kalah dari Khofifah, namun Karding tetap positif bahwa Gus Ipul pasti akan memenangkan pertarungan di Jawa Timur. Terutama, dukungan dari kyai-kyai besar di Jawa Timur juga mempengaruhi suara Gus Ipul nantinya.

“Kalau ini kalah, itu kyai-kyai akan kehilangan muka. Karena seluruh kyai yang berkarimastik hampir semua ke Gus Ipul. Jadi saya tidak terlalu khawatir dengan hasil survei ini,” terang Karding.

Topic:

Berita Terkini Lainnya