Sudirman Tanya Kesejahteraan Buruh dan Nelayan, Ini Jawaban Ganjar

Jawa Tengah pelopor penundaan larangan cantrang pertama

Jakarta, IDN Times - Debat calon gubernur Jawa Tengah kembali digelar jelang Pilkada 2018. Pada segmen kedua, calon nomor urut 2 Sudirman Said 'menyerang' petahana Ganjar Pranowo dengan pertanyaan tentang buruh.

1. Sudirman pertanyakan kesejahteraan nelayan dan buruh

Sudirman Tanya Kesejahteraan Buruh dan Nelayan, Ini Jawaban GanjarANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sebagai pembukan debat, Sudirman melontarkan pertanyaan kepada Ganjar, tentang kesejahteraan nelayan dan buruh. Namun, di sela pertanyaan dia menyebutkan keyakinannya akan ada gubernur baru di Jateng.

"Petani kita dalam tekanan, nelayan juga belum tenang melaut. Buruh kita baru ulang tahun, masih teriak soal kesejahteraan. Apa yang sudah dilakukan ke depannya? Meski saya yakin akan ada pergantian pemimpin," tanya Sudirman kepada Ganjar.

Baca juga: Begini Cara Ganjar Pranowo Mengatasi HIV Aids

2. Upah buruh di Jawa Tengah lebih tinggi dari peraturan pemerintah

Sudirman Tanya Kesejahteraan Buruh dan Nelayan, Ini Jawaban GanjarIDN Times/Ahmad Mustaqim

Menanggapi pertanyaan Sudirman, Ganjar mengatakan, ketika upah buruh akan ditentukan dengan peraturan pemerintah, saat itu Jawa Tengah sudah menyusun survei bulanan.

"Maka pada saat itu saya minta izin Pak Menteri. Pak Menteri, kalau ini ditetapkan dengan peraturan pemerintah, maka Jawa Tengah akan terendah se Indonesia," kata Ganjar menanggapi pertanyaan Sudirman.

Melihat kondisi itu, Ganjar pun menyiapkan strategi untuk menggunakan peraturan gubernur, agar Jawa Tengah tidak dalam posisi paling rendah.

"Kami negosiasi, bicara dan penentuan upah itu, karena buruh terlibat, demokrasi kita buka ruang yan lebar. Maka, Alhamdulillah disetujui dan itu yang menyelamatkan upah buruh kita jauh lebih tinggi dari hitungan peraturan pemerintah," kata Ganjar.

3. Ganjar telah memberikan rumah kepada buruh

Sudirman Tanya Kesejahteraan Buruh dan Nelayan, Ini Jawaban GanjarIDN Times/Ahmad Mustaqim

Ganjar melanjutkan, untuk kesejahteraan buruh, ia telah memberikan rumah kepada buruh. Pemerintah di Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan pusat terkait hal itu.

"Dana ada dan kemudian dibangun. Itu yang kemudian mendorong agar buruh jauh lebih baik. Transportasi ada, Trans Jateng dan buruh cukup bayar seribu rupiah. Mudah-mudahan itu cukup membantu," tutur dia.

4. Ganjar sebut Jawa Tengah pelopor penundaan larangan cantrang pertama

Sudirman Tanya Kesejahteraan Buruh dan Nelayan, Ini Jawaban GanjarIDN Times/Ahmad Mustaqim

Ganjar mengatakan Nilai Tukar Petani (NTP) di Jawa Tengah mengalami kenaikkan. Ia berjanji akan menulis satu per satu bagaimana kenaikan NTP yang ditentukan inflasi, maupun harga yang dikendalikan.

Ganjar juga menyinggung soal cantrang. Ia mengaku yang pertama kali meminta penundaan larangan cantrang adalah Jawa Tengah, di bawah kepemimpinannya.

"Cantrang yang meminta pertama kali, provinsi yang minta ditunda adalah Jawa Tengah. Dan kemudian, akhirnya kita sampaikan kepada Ibu Menteri dan ke Bapak Presiden. Pak tidak mungkin kalau belum ada penggantinya. Dan Alhamdulillah, sekarang sudah berjalan dan kita dampingi mereka," kata dia.

Baca juga: Disindir Sudirman Sering Bolak-Balik ke KPK, Ini Jawaban Ganjar Pranowo

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya