Comscore Tracker

Thisable Enterprise, Cara Angkie Yudistia Berdayakan Difabel

Angkie sudah membangun Thisable Enterprise selama 8 tahun

Jakarta, IDN Times - Karier Angkie Yudistia kini semakin melejit di usianya yang ke-32 tahun. Setelah berhasil mendirikan Thisable Enterprise, Angkie kini telah diangkat sebagai staf khusus Presiden Joko "Jokowi" Widodo selama lima tahun ke depan.

Kiprah karier Angkie yang begitu melesat membuktikan bahwa penyandang disabilitas tak punya batasan dalam berkarya. Setelah diangkat sebagai staf khusus, Angkie pun berkomitmen untuk menciptakan Indonesia yang ramah disabilitas.

Lalu, bagaimana kisah Angkie membangun Thisable Enterprise hingga menjadi staf khusus Presiden?

1. Angkie membangun Thisable Enterprise karena penyandang disabilitas susah mendapat pekerjaan

Thisable Enterprise, Cara Angkie Yudistia Berdayakan DifabelInstagram/angkieyudistia

Thisable Enterprise adalah sebuah social enterprise yang berdiri sejak tahun 2011 memiliki misi untuk memberdayakan disabilitas Indonesia secara ekonomi di dunia tenaga kerja. Angkie sebagai pendiri juga merupakan seorang penyandang disabilitas.

Sejak usia 10 tahun, Angkie harus menerima kabar pahit bahwa ia kehilangan pendengarannya. Angkie harus menjadi seorang tunarungu akibat dari konsumsi antibiotik saat ia mengidap penyakit malaria.

Menyandang status disabilitas tentu tak mudah bagi Angkie. Namun, ia tak ingin keterbatasannya itu membatasi perjalanan kariernya juga. Angkie akhirnya berinisiasi untuk membangun Thisable Enterprise karena menurut dia sebagai penyandang disabilitas, sangat susah untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: Staf Khusus Presiden, 10 Potret Hangat Angkie Yudistia dan Keluarga

2. Thisable Enterprise menggandeng Go-Jek untuk kerja sama hingga membuat produk kecantikan

Thisable Enterprise, Cara Angkie Yudistia Berdayakan DifabelIDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Angkie pun akhirnya mendirikan Thisable Enterprise bersama teman-temannya. Untuk memperlancar perusahaan dan misinya yang akan membantu para penyandang disabilitas, Angkie memutuskan untuk menggandeng Go-Jek Indonesia untuk mempekerjakan orang-orang dengan disabilitas di Go-Auto dan Go-Glam.

Selain itu, perusahaannya juga mengajak para penyandang disabilitas untuk mengembangkan ide kreatif, seperti membuat produk. Melalui situs Thisable Enterprise, mereka sudah berhasil memproduksi produk-produk kecantikan.

Produk-produk kecantikan yang dihasilkan mulai dari body scrub hingga hair spa. Hingga kini, Thisable Enterprise telah menjadi salah satu perusahaan yang mampu membantu para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Setelah sukses bangun Thisable Enterprise selama 8 tahun, Angkie diangkat sebagai stafsus Jokowi

Thisable Enterprise, Cara Angkie Yudistia Berdayakan DifabelANTARA FOTO/Wahyu Putro

Kesuksesannya membangun Thisable Enterprise selama delapan tahun inilah yang rupanya membawa ia hingga masuk ke lingkaran Presiden Jokowi. Angkie juga menjadi satu-satunya staf khusus Jokowi di periode kedua yang menyandang disabilitas.

Sebagai perwakilan yang berkebutuhan khusus, Angkie pun berkomitmen untuk membangun Indonesia menjadi ramah disabilitas. Menurut Angkie, keberadaan dia di Istana menunjukkan penyandang disabilitas bukan lagi kelompok minoritas.

"The one and only women with disability, perempuan berkebutuhan khusus di tengah-tengah, diberikan kesempatan terbaik oleh Bapak Presiden berdiri di sini menyuarakan 21 juta jiwa disabilitas di seluruh Indonesia," kata Angkie di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

Angkie berharap ia bisa bekerja lebih baik untuk menjadikan Indonesia ramah disabilitas.

"Dan dibantu dengan teman-teman yang hebat di sini, dan bantuan teman-teman wartawan dan masyarakat Indonesia, menjadikan Indonesia lebih ramah disabilitas," tutur dia.

Baca Juga: Keren! Disabilitas Tak Hentikan Angkie Yudistia dalam Ukir Prestasi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya