Comscore Tracker

Tiga Catatan Jokowi untuk Menteri Pertanian dan Menteri Perikanan

Apa saja ya catatan untuk menteri pertanian dan perikanan?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan tiga catatan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Jokowi menilai bahwa sektor perikanan dan pertanian merupakan sektor yang penting dan strategis.

Jokowi mengatakan sektor pertanian dan perikanan bukan hanya menjadi penyedia bahan pangan bagi 260 juta lebih penduduk Indonesia tapi juga mampu menampung tenaga kerja yang besar, memiliki kontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan rakyat, serta menekan angka kemiskinan.

"Karena itu harus ada langkah-langkah terobosan agar kedua sektor ini tumbuh lebih besar lagi dan menjadi motor penggerak ekonomi kita. Saya memiliki 3 catatan yang perlu mendapatkan perhatian bersama," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (10/12).

1. Jokowi minta agar fokus pertanian dan perikanan tidak hanya pada on farm, melainkan juga off farm

Tiga Catatan Jokowi untuk Menteri Pertanian dan Menteri PerikananPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa 10 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Catatan pertama, ujar Jokowi, bahwa selama ini perhatian hanya difokuskan terhadap upaya peningkatan pertanian on farm. Jokowi meminta agar ke depannya juga difokuskan pada pertanian off farm, terutama pascaproduksi.

Pertanian on farm merupakan proses yang berhubungan langsung dengan budidaya pertanian, seperti menyemai bibit, mengawinkan hewan ternak, memupuk, memberi pakan ternak, mengendalikan hama dan penyakit, panen dan lainnya. Sementara, off farm yaitu proses komersialisasi hasil-hasil budidaya pertanian, seperti pedagang, pengepul dan lain-lain.

"Petani dan nelayan perlu keluar dari aktivitas on farm menuju ke off farm dengan memberikan nilai tambah aktivitas usaha tani dan perikanannya melalui pengolahan produk pertanian dan perikanan, maupun pengembangan usaha berbasis pertanian dan perikanan," jelas Jokowi.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Perluas Jangkauan Asuransi Petani

2. Jokowi minta ada pendampingan pembiayaan bagi para petani dan nelayan untuk beranjak ke off farm

Tiga Catatan Jokowi untuk Menteri Pertanian dan Menteri PerikananPresiden Jokowi memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa 10 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kedua, untuk masuk ke off farm, para petani dan nelayan perlu skema pembiayaan dan mendapatkan pendampingan. Untuk biaya, kata dia, pemerintah sudah memiliki plafon anggaran sebesar Rp190 triliun dengan bunga hanya 6 persen pada tahun anggaran 2020.

"Saya sudah perintahkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) agar didesain dengan skema-skema khusus per cluster, sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan grace period produksi pasar pertanian maupun perikanan," ucap Jokowi.

"Tapi pembiayaan diikuti dengan pendampingan, baik dalam pengelolaan keuangan, membuat kemasan yang baik, packaging yang baik, branding yang baik dan juga marketing yang baik," kata Jokowi lagi.

3. Jokowi minta usaha kecil para petani dan nelayan bisa dikolaborasikan dengan kelompok atau korporasi besar

Tiga Catatan Jokowi untuk Menteri Pertanian dan Menteri PerikananPresiden Jokowi memberikan keterangan pers. (IDN Times/Indiana Malia)

Catatan terakhir Jokowi soal UMKM. Ia ingin pemerintah mendorong UMKM yang ada di Indonesia, khususnya usaha petani dan nelayan. Menurut Jokowi, usaha kecil yang dimiliki oleh para petani dan nelayan harus dikolaborasikan dengan kelompok atau korporasi besar.

"Sehingga memiliki nilai economic scale yang besar atau skala ekonomi yang besar, sehingga dalam korporasi nanti petani dan nelayan bisa lebih efektif dalam mendapatkan bahan baku, mengakses modal kerja dan investasi, melakukan upaya untuk memasarkan produk mereka agar bisa masuk ke supply chain nasional maupun global," jelas Jokowi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Cerita Pengasin Ikan dan Nelayan: Mengais Rezeki di Tengah Reklamasi

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You