Tinjau Bekasi, Jokowi: Kita Ingin Produktif tapi Tetap Aman dari COVID

Jokowi harap kasus semakin berkurang di Bekasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan kurva virus corona di Bekasi, Jawa Barat sudah mulai bagus. Dia menyebut bahwa skala R0 atau nomor reproduksi dasar virus corona di Bekasi sudah berada di bawah 1.

"Seperti di Bekasi ini sudah di bawah 1, sudah bagus," kata Jokowi di Mal Summarecon, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5).

1. Jokowi harap kasus positif di Bekasi bisa terus berkurang

Tinjau Bekasi, Jokowi: Kita Ingin Produktif tapi Tetap Aman dari COVIDDok. Setkab/Agus Suparto

Jokowi meminta Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk terus berkoordinasi terkait penanganan COVID-19 di Jawa Barat, khususnya di Kota Bekasi. Dia berharap, kasus positif virus corona bisa berkurang di Bekasi.

"Kita harapkan, kita sampaikan ke Pak Wali Kota, Pak Gubernur, di Jawa Barat, di Bekasi terus ditekan R0 di bawah 1," instruksinya.

Baca Juga: Jelang New Normal, Jokowi Akan Cek Mal Summarecon Bekasi Siang Ini

2. Jokowi minta masyarakat sadar jalankan protokol kesehatan

Tinjau Bekasi, Jokowi: Kita Ingin Produktif tapi Tetap Aman dari COVIDDok. Agus Suparto

Jokowi menuturkan pemerintah saat ini tengah mematangkan rencana skenario new normal. Tetapi rencana tersebut membutuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin jalankan protokol kesehatan.

"Kita ingin sekali lagi bisa masuk ke normal baru, masuk ke tatanan baru dan kita ingin muncul kesadaran yang kuat, kedisiplinan yang kuat, sehingga R0 bisa kita terus tekan, di bawah 1," ujar Jokowi.

3. Pemerintah ingin masyarakat produktif jelang new normal

Tinjau Bekasi, Jokowi: Kita Ingin Produktif tapi Tetap Aman dari COVIDDok. Agus Suparto

Mantan pengusaha itu lalu menuturkan bahwa di tengah pandemik COVID-19 ini pemerintah tetap ingin masyarakat produktif. Tetapi di sisi lain, masyarakat juga harus aman dari COVID-19.

"Kita ingin tetap produktif tapi tetap aman COVID, tapi menuju ke tatanan baru itu kita juga melihat angka-angka, melihat fakta-fakta di lapangan, angka-angka bagaimana kurva R0-nya," ucap dia.

Baca Juga: Datangi Mal Summarecon Bekasi, Jokowi: Meninjau Persiapan New Normal

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya