Ustaz Zulkarnain Dikabarkan Dipecat dari MUI, Ini Kata Ma'ruf Amin

Di MUI, tidak ada sistem pemecatan

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia dikabarkan akan melakukan pemecatan terhadap Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain. Pemecatan tersebut beredar lantaran Zulkarnain disebut ikut menyebarkan berita tentang 7 kontainer berisi surat suara dicoblos.

Namun, Sekretaris MUI, Anwar Abbas, mengatakan bahwa kabar pemecatan tersebut tidak benar. Lalu bagaimana tanggapan calon wakil presiden nomor urut 02, Ma'ruf Amin?

1. Ma'ruf sebut MUI masih menunggu ketetapan Polri

Ustaz Zulkarnain Dikabarkan Dipecat dari MUI, Ini Kata Ma'ruf AminIdntimes/Vanny El Rahman

Ma'ruf yang juga masih menjabat sebagai Ketua MUI tersebut menyampaikan bahwa kasus penyebaran isu hoaks surat suara tengah ditangani oleh aparat kepolisian. Sehingga, Ma'ruf pun menyerahkan hal itu kepada Polri.

"Jadi kita akan menunggu saja apa yang nanti ditetapkan atau diputuskan oleh pihak kepolisian, baru sesudah itu kita akan tindaklanjuti di MUI untuk merespons apa yang sebenarnya terjadi kepada beliau itu," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Jumat (4/1).

Baca Juga: Adik Gus Dur Temui Ma'ruf Amin, Apa yang Dibicarakan?

2. MUI memiliki mekanisme internal dalam memberhentikan anggota

Ustaz Zulkarnain Dikabarkan Dipecat dari MUI, Ini Kata Ma'ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ma'ruf lalu menjelaskan, MUI memiliki mekanisme tersendiri untuk memberhentikan anggotanya. Dan hal itu harus didiskusikan dengan baik. "Kita di dalam masing-masing boleh menentukan pilihannya, tapi tidak boleh menghujat atau membuat diskusi yang tidak baik gitu," jelasnya.

3. MUI memiliki etika tersendiri menyikapi persoalan politik

Ustaz Zulkarnain Dikabarkan Dipecat dari MUI, Ini Kata Ma'ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ma'ruf kemudian menerangkan bahwa di MUI ada etika tersendiri dalam menyikapi persoalan politik. "Itu di MUI ada etikanya kita di dalam menyikapi soal-soal politik, karena itu kita akan melihat nanti apa pernyataan yang bersangkutan dan itu sejauh mana menurut pihak kepolisian," tambahnya.

4. Sekjen MUI katakan tidak ada isu pemecatan di MUI

Ustaz Zulkarnain Dikabarkan Dipecat dari MUI, Ini Kata Ma'ruf AminIDN Times/Reynaldi

Sementara, Sekretaris Jenderal MUI, Anwar Abbas, menyampaikan bahwa MUI tidak pernah melakukan pemecatan apa pun. Dan ia mengaku belum mendengar kabar penangkapan Tengku. "Itu tidak ada hubungannya dengan MUI. Sepanjang pengetahuan saya, di MUI tidak ada pemecatan," ujar Anwar saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (4/2).

Baca Juga: Polisi Ciduk Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya