Wacana Pemindahan Ibu Kota, Anies: Pembangunan Jakarta Tetap Lanjut

Anies akan tetap selesaikan PR di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Wacana pemindahan ibu kota kembali dibahas oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja. Gagasan tersebut kembali dibahas dalam rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pembangunan di Jakarta akan tetap dilanjutkan. Karena rencananya, Jakarta akan dijadikan sebagai pusat bisnis atau ekonomi.

1. Rencana pemindahan ibu kota tidak berkaitan dengan rencana pembangunan di Jakarta

Wacana Pemindahan Ibu Kota, Anies: Pembangunan Jakarta Tetap LanjutIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Anies menyampaikan, sesuai pesan yang disampaikan oleh Jokowi, rencana pemindahan ibu kota tidak berkaitan dengan pembangunan di Jakarta.

"Dalam pertemuan ini, presiden menegaskan bahwa pembicaraan mengenai ibu kota tidak ada hubungannya dengan rencana pembangunan besar-besaran di Jakarta," kata Anies di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Baca Juga: Jokowi: Pemindahan Ibu Kota Harus Direncanakan Matang

2. Rencana pembangunan di Jakarta akan terus berjalan

Wacana Pemindahan Ibu Kota, Anies: Pembangunan Jakarta Tetap LanjutIDN Times/Irfan Fathurohman

Menurut Anies, rencana pembangunan di Jakarta akan tetap berjalan meski ibu kota akan dipindahkan ke luar Jawa. Hal itu lantaran Jakarta masih menjadi pusat ekonomi dan bisnis.

"Rencana pembangunan besar-besaran di Jakarta tetap berlanjut, jalan terus. Yang ini diskusinya berbeda, karena ini mencakup urusan pemerintahan, legislatif, eksekutif. Tapi yang terkait dengan perdagangan, keuangan, investasi, masih tetap di Jakarta," ujar Anies.

3. Anies sebut PR di Jakarta tetap akan diselesaikan meski tak jadi ibu kota

Wacana Pemindahan Ibu Kota, Anies: Pembangunan Jakarta Tetap LanjutDok.IDN Times/Istimewa

Walaupun rencananya pusat pemerintah tidak akan berada di Jakarta, Anies menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan tetap menyelesaikan permasalahan di Jakarta. Salah satunya adalah masalah lingkungan.

"Karena PR-nya, daya dukung lingkungan hidup, soal kebutuhan air bersih, pengelolaan udara, pengolahan limbah, transportasi, itu semua masih menjadi PR yang harus diselesaikan," ucap Anies.

4. Jokowi putuskan ibu kota di luar Jawa

Wacana Pemindahan Ibu Kota, Anies: Pembangunan Jakarta Tetap LanjutANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Dalam rapat, Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro menyampaikan tiga alternatif pemindahan ibu kota. Alternatif pertama tetap di Jakarta, alternatif kedua ibu kota dipindahkan ke luar Jakarta tetapi masih di Jabodetabek. Kemudian, alternatif ketiga adalah memindahkan ibu kota ke luar Jawa.

Dari ketiga alternatif yang diberikan oleh Bambang, rupanya Jokowi menyetujui pemindahan ibu kota di luar Jawa.

"Dalam rapat tadi diputuskan, presiden memilih alternatif ketiga, yaitu memindahkan ibukota ke luar Jawa. Ini barangkali salah satu putusan penting yang dilahirkan hari ini," kata Bambang di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

"Dan tentunya akan dilanjutkan dengan ratas berikutnya yang akan bicara lebih teknis, bicara design, dan bicara mengenai masterplan dari kota itu sendiri," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Putuskan Ibu Kota Akan Dipindah ke Luar Jawa

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya