Comscore Tracker

Wajah Bengkak Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Kenapa Ya?

Seorang jurnalis alami bengkak di wajah usai divaksinasi

Jakarta, IDN Times - Proses vaksinasi COVID-19 sudah jalan tahap kedua. Beberapa orang mengeluhkan mengantuk hingga mual usai menerima vaksin. Namun, seorang jurnalis dari Jawa Pos TV, Dean Cahyani, justru dilarikan ke rumah sakit usai menjalani vaksinasi COVID-19.

Usai divaksinasi, Dean dilarikan ke rumah sakit lantaran mata dan mulutnya bengkak. Mengenai gejala tersebut, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan hal itu bisa saja terjadi karena adanya alergi.

"Bisa jadi (alergi). Makanya waktu pertama, saat ditanya, harus diungkapkan semua masalahnya, kesehatan yang ditanyakan, tekanan darah, pernah sakit atau enggak, minum obat atau tidak dan seterusnya, itu harus diberitahu," kata Wiku kepada wartawan di Gedung Graha BNPB, Jumat (26/2/2021).

1. Satgas imbau masyarakat jujur keluhan saat akan divaksinasi

Wajah Bengkak Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Kenapa Ya?Peninjauan Vaksinasi Pekerja Media dan Wartawan di Hall Basket Senayan pada Kamis (25/2/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Menurut Wiku informasi yang disampaikan kepada vaksinator sebelum menjalankan prosedur suntik sangat penting. Sebab, vaksinator bisa menilai apakah orang tersebut layak menerima vaksin saat itu atau tidak.

"Si vaksinatornya akan tahu, ini layak divaksinasi atau tidak. Kalau belum layak, misalnya tensinya lagi tinggi, ya sudah tidak usah dulu. Jangan dipaksa," ujar Wiku.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus COVID-19 Naik 8.232, Total Sudah 1.322.866

2. Satgas tegaskan dampak bengkak bukan karena dari vaksinnya

Wajah Bengkak Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Kenapa Ya?Ilustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengenai dampak bengkak, Wiku menjelaskan hal itu bukan karena vaksinnya. Jika diakibatkan vaksin, lanjut dia, pasti semua orang yang menerimanya juga akan mengalami hal serupa.

"Kalau karena vaksin, semua orang akan begitu. Kalau karena vaksin, pasti di dalam uji klinis sudah terdata seperti itu," ucap Wiku.

3. Seorang jurnalis alami bengkak dimata dan mulut usai divaksinasi

Wajah Bengkak Usai Disuntik Vaksin COVID-19, Kenapa Ya?Suasana Vaksinasi Wartawan dan Pekerja Media (IDN Times/Rochmanudin)

Sebelumnya, seorang jurnalis Jawa Pos TV, Dean Cahyani, harus dilarikan ke rumah sakit usai menjalani vaksin. Pasca divaksinasi, Dean mengalami keluhan pusing dan mual. Lalu, mata dan mulutnya mulai membengkak.

Akibat pembengkakan pada mata, hal itu membuat pengelihatan Dean sedikit terganggu. Bahkan, untuk melihat ponsel saja, Dean harus mendekatkan benda tersebut ke kedua matanya akibat gangguan penglihatan.

Baca Juga: Vaksin Mandiri Resmi Dibuka, Simak Aturan Lengkapnya

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya