Hebat! Telkom Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Bernilai di Asia Tenggara

Selamat untuk Telkom!

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) menjadi perusahaan telekomunikasi dengan Brand Value tertinggi di Asia Tenggara. Posisi tersebut tercantum dalam laporan terbaru Brand Finance, sebuah lembaga konsultan merek internasional. Telkom berada pada posisi tersebut untuk tiga tahun berturut-turut.

Seperti yang tercantum dalam laporan "Brand Finance Telecoms 500 Indexs" (500 merek perusahaan telekomunikasi dunia dengan nilai tertinggi), posisi Telkom naik menjadi nomor 48 setelah sebelumnya berada di posisi 50. Dengan posisi tersebut, Telkom dinyatakan sebagai perusahaan telekomunikasi yang paling bernilai di Asia Tenggara pada tahun 2013 melampaui Singtel dari Singapura, PLDT dari Filipina dan TM dari Malaysia.

Hebat! Telkom Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Bernilai di Asia TenggaraSumber gambar: rekrutmen.telkom.co.id

Saat ini nilai merek Telkom mencapai USD 2,62 miliar atau sekitar 34,2 triliun rupiah (USD 1 = Rp. 13.080). Peringkat Brand Strength Telkom juga mengalami kenaikan, yang sebelumnya adalah AA+ menjadi AAA- yang berarti Telkom berhasil mempertahankan pangsa pasar meskipun banyak mengalami tekanan.

Nilai merek diukur berdasarkan kemampuan sebuah merek untuk memberikan kontribusi terhadap bisnis maupun pada pemegang saham. Telkom sendiri memiliki nilai 80 pada Brand Strength Index (BSI), di atas perusahaan telekomunikasi asal Malaysia, DIGI dan Maxis. Metodologi yang digunakan Brand Finance dalam mengevaluasi sebuah barang akan melibatkan performa keuangan sebagai aspek yang kuantitatif serta peringkat BSI sebagai aspek kualitatif.

Hebat! Telkom Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Bernilai di Asia TenggaraSumber gambar: bisniskeuangan.kompas.com

Analisis meliputi faktor input (investasi di bidang pemasaran), brand equity (nilai goodwill) serta faktor output (dampaknya pada kinerja bisnis). Brand Finance menilai dan membuat peringkat brand serta mengukur seberapa kuat brand tersebut. Brand yang dimasukkan di dalam peringkat ini terdiri dari corporate brand dan product brand.

Hebat! Telkom Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Bernilai di Asia TenggaraSumber gambar: telkomsolution.com

Menanggapi laporan terbaru Brand Finance tersebut Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan bahwa Telkom saat ini terus berupaya untuk menjadi Digital Company. Hal tersebut diharapkan menjadi faktor kuat yang akan menambah kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.

Arif Prabowo juga mengungkapkan bahwa membangun merek merupakan pekerjaan jangka panjang yang harus dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Telkom juga senantiasa melakukan inovasi untuk meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap produk dan layanan yang diberikan.

Topik:

Berita Terkini Lainnya