16 RT di Jakarta Terendam Genangan Imbas Hujan Pagi Ini

Ada yang capai 190 cm

Intinya Sih...

  • Banjir di Jakarta akibat hujan deras menyebabkan 16 RT terdampak banjir, dengan ketinggian air antara 10 hingga 190 cm.
  • Wilayah yang terdampak banjir meliputi Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akibat rob dan luapan Kali Ciliwung.
  •  

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengungkapkan hujan deras yang melanda sebagian wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (25/5/2024) pagi,  pukul 06.00 WIB telah menyebabkan 16 RT terkena dampak banjir.

"BPBD mencatat terjadi kenaikan genangan dari 12 RT menjadi 16 RT atau 0,052 persen dari 30.772 RT yang ada di seluruh DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, dikutip dari ANTARA, Sabtu (25/5/2024).

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di OKU Ditemukan 7 Kilometer dari TKP

1. Sebaran wilayah di Jakarta yang terdampak banjir

16 RT di Jakarta Terendam Genangan Imbas Hujan Pagi IniBanjir di Kelurahan Rawa Terate, Jakarta Timur setinggi 120 cm. (dok. BPBD DKI Jakarta)

Isnawa menyebut, wilayah Jakarta Utara dilanda banjir karena pasang laut (rob), mempengaruhi tiga RT. Dua RT di Pluit terendam dengan ketinggian air antara 15 hingga 40 centimeter (cm), sementara satu RT di Penjaringan tergenang dengan ketinggian 10 cm.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga mencatat dampak banjir dari luapan Kali Ciliwung, memengaruhi 13 RT di beberapa wilayah. Lima RT di Jakarta Selatan, termasuk empat RT di Pejaten Timur dengan ketinggian air mencapai 160 hingga 190 cm dan satu RT di Rawajati dengan ketinggian 60 cm.

Di Jakarta Timur, delapan RT terdampak banjir, termasuk empat RT di Bidara Cina dengan ketinggian air antara 40 hingga 80 cm, tiga RT di Cawang dengan ketinggian 30 hingga 80 cm, dan satu RT di Balekambang dengan ketinggian 60 cm.

"Jalan tergenang yang sudah surut yakni Jalan RE Martadinata (depan JIS), Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan Jalan Deli, Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara," ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Warga di Landak Kalbar Terdampak Banjir Setinggi Satu Meter

2. Prediksi cuaca di DKI Jakarta pagi ini

16 RT di Jakarta Terendam Genangan Imbas Hujan Pagi Iniilustrasi orang memakai jas hujan (pexels.com/Zeynep Sude Emek)

Update peringatan dini cuaca untuk wilayah Jabodetabek yang dirilis BPBD DKI Jakarta, mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB, masih ada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berikut daftar wilayah yang terdampak:

  • Jakarta Pusat: Gambir, Sawah Besar, Kemayoran, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abang, Johar Baru.
  • Jakarta Utara: Penjaringan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Pademangan, Kelapa Gading.
  • Jakarta Barat: Cengkareng, Grogol Petamburan, Taman Sari, Tambora, Kebon Jeruk, Kalideres, Pal Merah, Kembangan.
  • Jakarta Selatan: Tebet, Setiabudi, Kebayoran Lama, Pesanggrahan.
  • Jakarta Timur: Matraman, Pulogadung, Jatinegara, Kramatjati, Cakung, Duren Sawit.
  • Kepulauan Seribu: Kepulauan Seribu Selatan.

3. Prediksi cuaca di sekitar DKI Jakarta pagi ini

16 RT di Jakarta Terendam Genangan Imbas Hujan Pagi Iniilustrasi kaca mobil berembun saat hujan deras (unsplash.com/Alexandra Mirgheș)

Sementara itu, di wilayah DKI Jakarta, mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB, juga masih ada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Berikut rincian wilayahnya:

Kabupaten Bogor: Parung Panjang.

Kabupaten Bekasi: Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang, Tambun Utara, Tambun Selatan, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Utara, Karang Bahagia, Cikarang Timur, Kedung Waringin, Pebayuran, Sukakarya, Sukatani, Cabangbungin, Muaragembong, Cikarang Selatan, Setu, Cikarang Pusat, Serang Baru, Cibarusah, Bojongmangu.

Kota Bekasi: Bekasi Timur, Bekasi Barat, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Medan Satria.

Kota Tangerang: Tangerang, Jatiuwung, Batuceper, Benda, Cipondoh, Ciledug, Karawaci, Periuk, Cibodas, Neglasari, Pinang, Karang Tengah, Larangan.

Kota Tangerang Selatan: Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren.

Kabupaten: Balaraja, Jayanti, Tigaraksa, Cisoka, Kresek, Kronjo, Mauk, Kemiri, Sukadiri, Rajeg, Pasar Kemis, Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Curug, Cikupa, Panongan, Tangerang Legok, Pagedangan, Cisauk, Sukamulya, Kelapa Dua, Sindang Jaya, Sepatan Timur, Solear, Gunung Kaler, Mekar Baru.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya