47 Pendaki Terdampak Erupsi Gunung Marapi, 19 Orang Dievakuasi

Korban meninggal belum terverifikasi

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 47 pendaki terdampak erupsi Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu (3/12/2023).

Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, sebanyak 19 pendaki sudah berhasil turun dan diselamatkan oleh tim gabungan. Jadi, masih ada 28 pendaki yang belum berhasil turun.

1. Kabar meninggalnya seorang korban belum bisa diverifikasi

47 Pendaki Terdampak Erupsi Gunung Marapi, 19 Orang DievakuasiSituasi Jalur Pendakian Gunung Marapi. IDN Times/Andri NH

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito menjelaskan kabar yang sempat beredar tentang seorang pendaki meninggal dunia belum dapat diverifikasi.

Tim gabungan masih berupaya mencari dan menolong para pendaki yang belum berhasil turun. Oleh sebab itu, masyarakat diminta tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

“Masih simpang siur. Belum dapat dipastikan,” kata Bambang Warsito dalam keterangan tertulis, Senin (4/12/2023).

Baca Juga: Puluhan Pendaki Masih Terjebak Saat Gunung Marapi di Sumbar Erupsi  

2. Masyarakat dilarang beraktivitas di radius 3 km dari kawah utama

47 Pendaki Terdampak Erupsi Gunung Marapi, 19 Orang DievakuasiErupsi Gunung Marapi Sumbar, 7 januari 2023. IDN Times/PVMBG

Pihaknya bersama BPBD Kabupaten Tanah Datar terus berkoordinasi dengan lintas instansi terkait untuk memonitor perkembangan di lapangan, termasuk melakukan tindakan cepat jika terjadi aktivitas vulkanik susulan.

BPBD Kabupaten Agam dan Tanah Datar terus mengimbau masyarakat, wisatawan dan pendaki agar selalu menggunakan masker, menyusul terjadinya abu vulkanik yang ditimbulkan atas erupsi Gunung Marapi.

Wisatawan maupun pendaki juga dilarang keras melakukan aktivitas di radius 3 kilometer (km) dari kawah utama.

Baca Juga: Pendaki Gunung Marapi Sumbar yang Dievakuasi Menderita Luka Bakar 

3. Sejumlah daerah terkena hujan abu dan batu

47 Pendaki Terdampak Erupsi Gunung Marapi, 19 Orang DievakuasiPendaki Berada Di Kawasan Cadas Gunung Marapi. IDN Times/BKSDA Sumbar

Berdasarkan data yang dihimpun, dampak dari erupsi Gunung Marapi tak hanya sebaran hujan abu vulkanik, tapi juga hujan abu yang disertai batu.

Wilayah yang terdampak hujan abu vulkanik mencakup empat wilayah kecamatan, yakni Canduang, Sungai Pua, Ampek-Ampek dan Malalak.

Kemudian wilayah yang dilaporkan terdampak hujan abu disertai batu terjadi di kecamatan Banuhampu, Tilatang Kamang, Baso, Tanjung Raya, Lubuk Basung, IV Koto, Matur, Tanjung Mutiara, Palembayan dan Kamang Magek.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya