Prediksi Arus Balik Terjadi pada 15-16 April, Menhub Usulan WFH

Sedang diusulkan kepada Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memproyeksi arus balik Lebaran 2024 akan terjadi pada H+5 hingga H+6 atau Minggu, 14  dan Senin, 15 April 2024.

Menurutnya, masyarakat hanya memiliki waktu singkat untuk melakukan arus balik, mengingat waktu libur lebaran akan usai pada Selasa, 16 April 2024 atau pekerja kembali bekerja pada hari tersebut.

"Arus balik itu terjadi pada Minggu dan Senin. Karena Senin itu terakhir libur, kita melihat bahwa waktunya ini sangat pendek dibanding mudik," kata Budi Karya Sumadi di Kementerian Perhubungan, Rabu (10/4/2024).

Mengingat waktu arus balik yang singkat, Menhub mengatakan pemerintah sedang menyusun strategi untuk mengantisipasi adanya potensi kepadatan kendaraan setelah Lebaran.

Menurutnya opsi yang akan diusulkannya ke Presiden Joko "Jokowi" Widodo yakni pelaksanaan work from home atau bekerja dari rumah atau secara online pada hari Selasa, 16 dan Rabu, 17 April 2024.

Saran penerapan WFH ini pun masih dikoordinasikan dengan banyak pihak.

"Kita lagi mengusulkan ke pak presiden untuk work from home di hari Selasa dan Rabu. Ini baru didiskusikan dan diusulkan, mudah-mudahan Presiden setuju. Kalau itu berhasil, itu berarti mereka bisa bekerja secara online dari tempatnya masing-masing," imbuhnya.

Diketahui, total libur Lebaran ada enam hari yakni libur khusus perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, yakni dua hari libur nasional yang ditetapkan pada 10-11 April 2024 dan empat hari cuti bersama.

Di antara tanggal merah tersebut terdapat juga dua kali libur akhir pekan (long weekend) sehingga membuat total libur Lebaran 2024 mencapai 10 hari.

Baca Juga: Arus Mudik 9 April 2024, Polri Catat 60.157 Kendaraan Keluar Jakarta

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya