300 Ribu Orang Salat Id di Istiqlal, Imam Besar: Bahagia Meski Macet

Jumlah orang yang hadir melebihi kapasitas 

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 300 ribu orang datang ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1443 H, pada Senin (2/5/2022).

"Kapasitasnya 250 ribu, tapi tadi itu sampai di jalan masuk depan katedral penuh semua, pelataran-pelataran yang biasa dipakai pameran itu dipenuhi semua," kata Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

1. Kapasitas masjid 250 ribu orang

300 Ribu Orang Salat Id di Istiqlal, Imam Besar: Bahagia Meski MacetMasjid Istiqlal (instagram.com/gunarto_song)

Dia mengatakan, jumlah orang yang Salat Id di Istiqlal hari ini melebihi kapasitas masjid yang hanya menampung sebanyak 250 ribu orang.

"Alhamdulillah kesan mereka sangat puas walaupun  macet, karena saya perkirakan tadi bisa sampai 300 ribu, " kata Nasaruddin Umar.

Baca Juga: [BREAKING] Masjid Istiqlal Kembali Gelar Salat Idul Fitri Usai 2 Tahun Pandemik

2. Jalan sempat ditutup karena jamaah meluber ke jalan raya

300 Ribu Orang Salat Id di Istiqlal, Imam Besar: Bahagia Meski MacetSuasana bubaran salat idulfitri di sekitar Masjid Istiqlal pada Senin (2/5/2022). (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Antusiasme warga yang tinggi ini, membuat jalan di sekitar Masjid Istiqlal harus ditutup pukul 07.03 WIB.

Selain itu, kapasitas parkir kendaraan pun melebihi batas yang diediakan.

"Bayangkan mereka sampai parkir di Monas. Itu evaluasi buat kami buat ke depan dengan kapasitas basement parkir tidak mencukupi, itu penuh dari ujung utara sampai selatan besar sekali, tapi tidak bisa tertampung semua," ujarnya.

3. Pertama kalinya Salat Idul Fitri setelah dua tahun pandemi

300 Ribu Orang Salat Id di Istiqlal, Imam Besar: Bahagia Meski MacetSuasana salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2022) (IDN Times/Muhammad Ilman Na'fian)

Adapun, Masjid Istiqlal selama dua tahun tidak menggelar salat Idul Fitri maupun Idul Adha. Hal itu karena pada 2020 dan 2021 kasus COVID-19 di Indonesia sedang tinggi.

Ini sekaligus menjadi momentum digelarnya kembali Salat Idul Fitri tanpa ada batasan. Meski begitu, para jamaah yang hadiri salat tetap wajib mengenakan masker dan melakukan skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Jokowi Salat Idul Fitri di Gedung Agung Bersama Warga Jogja 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya