5 Fakta Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Dibuang di Kolong Tol Bekasi

Motif R pembunuhan ini karena dendam

Jakarta, IDN Times - Peristiwa pembunuhan keji terjadi di Tol Becakayu, Jatibening, Bekasi, pada Senin, 17 Oktober 2022. Tersangka pembunuhan berinisial CRT alias R (36) telah ditangkap Polda Metro Jaya.

Polisi kemudian menetapkan R sebagai tersangka dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), tentang Pembunuhan Berencana.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, menerangkan R ditangkap pada Selasa, 18 Oktober 2022 pukul 11.00 WIB di kawasan Pondok Gede saat hendak menjual laptop milik korban.

Baca Juga: Profil Rudolf Tobing, Pembunuh yang Buang Jasad di Kolong Tol Becakayu

1. Sempat terekam CCTV dan tersenyum saat membawa korban

5 Fakta Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Dibuang di Kolong Tol BekasiIlustrasi Apartemen (IDN Times/Anata)

Motif R melakukan pembunuhan terhadap AYR alias I adalah sakit hati karena masalah pribadi. Polisi menyebut keduanya tidak mempunyai hubungan asmara.

"Dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku sakit hati. Tersangka menyimpan dendam terkait masalah di lingkar pertemanan mereka," ujar Hengki.

Adapun, berdasarkan video CCTV yang beredar di sosial media, R diduga membunuh AYR di lokasi lain. Keduanya, bahkan terekam berada dalam satu lift sebelum R membunuh AYR atau I.

Hengki mengatakan, tersangka telah menyiapkan sejumlah peralatan untuk membuang korban.

"Jasad korban dibungkus plastik, lalu dimasukkan ke dalam troli dan ditutupi bantal," kata Hengki, Jumat, 21 Oktober 2022.

2. Sebelum membunuh AYR, tersangka berencana membunuh dua orang lain

5 Fakta Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Dibuang di Kolong Tol BekasiIlustrasi pembunuhan. ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Sebelum membunuh AYR, tersangka juga berencana membunuh dua orang lainnya yang berinisial H dan S.

Sakit hati tersangka R kepada ketiga orang itu muncul usai melihat foto yang diunggah S pada Agustus 2021, di akun media sosial milik S. Foto tersebut memperlihatkan S hadir dalam acara yang juga dihadiri H.

Tersangka R mempunyai masalah dengan H, sehingga tersangka R merasa dikhianati S. Meski demikian saat itu tersangka R tidak berbuat apa-apa.

3. Tersangka R awalnya berniat menyewa pembunuh bayaran tapi terkendala biaya

5 Fakta Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Dibuang di Kolong Tol BekasiRudolf Tobing, pelaku pembunuhan perempuan yang jasadnya dibuang di bawah tol Becakayu, Bekasi. (www.twitter.com/@AkiSukidi2)

Namun, emosi tersangka R kembali terpancing usai melihat foto yang diunggah pada Maret 2022 yang memperlihatkan H, S, dan korban AYR alias I masih beraktivitas bersama dalam berbagai kegiatan.

Semula, R berniat menghabisi ketiganya. Tersangka R awalnya berniat menyewa pembunuh bayaran, namun terkendala masalah biaya.

Tersangka R kemudian menyusun rencana untuk menghabisi H dan S terlebih dulu. Namun hal itu tidak berjalan mulus karena keduanya tidak merespons ajakan tersangka R untuk bertemu.

Baca Juga: Motif Pembunuhan Wanita Dibuang di Kolong Tol Becakayu Dibuka Polisi

4. Tersangka pancing korban untuk bikin podcast

5 Fakta Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Dibuang di Kolong Tol BekasiRudolf Tobing, pelaku pembunuhan perempuan yang jasadnya dibuang di bawah tol Becakayu, Bekasi. (www.twitter.com/@AkiSukidi2)

Karena itu, tersangka kemudian mengincar AYR alias I dan mengajak korban bertemu dengan dalih ingin membuat Podcast dan mengajak korban ke apartemennya.

Korban pun menuruti ajakan tersangka dan kesempatan itu digunakan tersangka untuk membunuh korban, dan membuang jasadnya di Tol Becakayu.

5. Jenazah AYR ditemukan warga dan dilaporkan ke polisi

5 Fakta Pembunuhan Wanita yang Jenazahnya Dibuang di Kolong Tol BekasiIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Jasad korban AYR ditemukan warga setempat dan dilaporkan ke polisi yang langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP), dan mengungkap kasus tersebut dalam waktu singkat.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya