Anies Ingin Pendidikan Islam Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Ia menyampaikan dalam acara Silatnas JATTI

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri acara Silatnas Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) di Cempaka Putih, Jumat (17/6/2022). Dalam acara tersebut, Anies mengungkapkan harus ada pondasi dalam memecahkan tantangan di abad ke-21.

“Semua harus memanfaatkan teknologi yang hanya muncul di abad 21. Gimana kita bisa menumbuhkan, kalau dalam sisi pondasinya nih, pondasinya Iman Islam dan akhlak,” kata Anies.

1. Anies ingin pendidikan Islam jadi tuan rumah di negeri sendiri

Anies Ingin Pendidikan Islam Jadi Tuan Rumah di Negeri SendiriGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@Aniesbaswedan)

Dia menilai pondasi ini penting jika bicara mengenai kompetensi, keterampilan sehingga anak-anak Indonesia bisa menjadi pemenang di negerinya sendiri.

“Kalau bicara hasil pendidikan di sini barang kali dua, bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri, bisa jadi memesona di negeri orang,” ungkapnya.

2. Indonesia diharapkan bisa jadi pusat pembelajaran Islam

Anies Ingin Pendidikan Islam Jadi Tuan Rumah di Negeri SendiriGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (YouTube/AniesBaswedan)

Adapun, JATTI, dalam hal ini diharapkan bukan hanya menjadi tuan rumah tetapi bisa menjadi salah satu pusat pembelajaran Islam. 

“Jangan sampai ke depan setiap belajar tentang Islam hanya pergi ke Timteng. Indonesia harus bisa menjadi salah satu pusat, dan itu artinya tuan rumah, dan itu dari sini produsen penghasil di mana mereka bisa menjadi guru-guru di berbagai wilayah,” lanjut dia.

3. Anies bersyukur Silatnas digelar

Anies Ingin Pendidikan Islam Jadi Tuan Rumah di Negeri SendiriGubenur DKI Jakarta Anies Baswedan terima Kurma dari Jericho asal Palestina dari Pendeta Gilbert Lumoindong. (instagram.com/aniesbaswedan)

Dalam kesempatan itu, Anies juga menyampaikan rasa bersyukurnya akhirnya Silatnas JATTI ini bisa digelar. 

“Alhamdulillah kita bersyukur siang ini di hari Jumat yang penuh berkah diberikan nikmat sehat, bisa sama-sama hadir dalam acara yang sudah direncanakan cukup panjang. Saya mendengar persis di bulan Syawal waktu itu direncanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Banyak tokoh penting yang hadir. Di antaranya Wakil Presiden Indonesia 2014-2019, Jusuf Kalla, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Ketua Dewan Pembina JATTI KH Muhiddin, dan penasihat Bachtiar Nasir.

Baca Juga: Peluang Anies dan Ganjar Jadi Kader NasDem, Surya Paloh: Lihat Nanti 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya