Comscore Tracker

Indonesia Galang Dukungan untuk Jadi Kandidat Dewan ITU

Menkominfo undang para dubes negara sahabat

Jakarta, IDN Times - Indonesia akan maju mencalonkan diri sebagai kandidat International Telecommunication Union (ITU). Untuk itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menggalang dukungan negara-negara sahabat dalam acara jamuan diplomatik ‘Jakarta Reception’, Selasa (28/6/2022).

“Selain untuk mempererat hubungan negara-negara sesama anggota ITU, jamuan diplomatik Jakarta Receptions bertujuan untuk menggalang dukungan bagi pencalonan Indonesia di ITU Council member,” kata Johnny, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Tahun 2024 Kominfo Targetkan 50 Juta Orang Dapat Literasi Digital

1. Mengusung Meidiyotomo Sutyarjoko sebagai kandidat

Indonesia Galang Dukungan untuk Jadi Kandidat Dewan ITUMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kominfo.go.id)

Dalam hal ini, Indonesia mengusung Dr. Meidiyotomo Sutyarjoko sebagai anggota dari Radio Regulation Board World Radio Conference ITU. 

Johnny mengatakan, Indonesia sudah lebih dari tiga dekade menjadi anggota ITU Council. Jika Indonesia kembali terpilih menjadi anggota ITU, maka nantinya Indonesia semakin memperjuangkan pembangunan teknologi digital di dunia yang berpusat pada manusia.

“Kita perlu menggalang kerja sama dengan anggota ITU agar Indonesia sekali lagi dipercaya untuk mewakili region E. Asia Pasifik di ITU Council, dan kita mempromosikan Dr. Meidi untuk mewakili kita dan negara-negara Asia Pasifik dan negara berkembang dan belum berkembang,” terangnya.

2. Sejalan dengan visi nasional

Indonesia Galang Dukungan untuk Jadi Kandidat Dewan ITUKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital di Basket Hall, Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/5/2021). (Dok. Kominfo)

Agenda ini, kata Johnny, sejalan dengan visi nasional Indonesia menjadi negara yang fasih dalam digital dan tengah menciptakan transformasi digital yang optimal.

Dia mengatakan, para perwakilan negara-negara rekanan yang juga anggota ITU, telah memberikan tanggapan yang positif untuk pencalonan Indonesia sebagai bagian dari dewan ITU.

Dia berharap, dukungan dari para duta besar itu, bisa memberi dampak dalam kebijakan yang dikeluarkan negaranya. Sebab, Indonesia menawarkan kerja sama yang resiprokal.

3. Jika berhasil duduk di dewan ITU, Indonesia jadi salah satu perwakilan dari 13 anggota

Indonesia Galang Dukungan untuk Jadi Kandidat Dewan ITUKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital di Basket Hall, Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/5/2021). (Dok. Kominfo)

Adapun, apabila Indonesia kembali berhasil menduduki dewan ITU, maka Indonesia akan masuk sebagai salah satu perwakilan dari 13 anggota lainnya di kawasan E ITU mewakili Asia dan Australasia.

“Ini pengalaman panjang dan perjuangan Indonesia selama ini di ITU, bisa memberikan keyakinan kepada mitra-mitra kita, sehingga penting sekali kita berada di council board member-nya region E dan penting untuk punya perwakilan profesional kita di RRB (Radio Regulation Board),” tutur dia.

Baca Juga: Kominfo Minta PSE Lingkup Privat Segera Daftar Sampai 20 Juli 2022

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya