Instagram Giring Lenyap, PSI: Berpendapat Tak Boleh Dibungkam

PSI merasa dibungkam karena Instagram ketumnya lenyap

Jakarta, IDN Times - Akun Instagram @giring milik Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesi (PSI) Giring Ganesha lenyap alias tak bisa ditemukan. Juru Bicara PSI, Ariyo Bimmo, mengaku kaget sebab hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kejadian ini cukup mengagetkan karena belum pernah terjadi akun Ketum PSI hilang atau pun di-take down,” kata Ariyo, Selasa (25/1/2022).

1. 'Apa yang salah dari status bro Giring?'

Instagram Giring Lenyap, PSI: Berpendapat Tak Boleh DibungkamAkun Instagram Giring tidak bisa diakses (Instagram/@Giring)

Dia mengatakan, kejadian ini bisa terjadi karena adanya pelaporan massal. Namun, ia mengaku tak ada yang salah dengan konten-konten yang diunggah Giring.

“Tapi apa yang salah dari status-statusnya bro Giring? Apakah karena kritik-kritik PSI dirasa terlalu tajam hingga harus dilaporkan?,” ujar dia.

Dalam hal ini, pihaknya pun sedang mencoba berkomunikasi dengan pihak Instagram. Akun pengguna yang lenyap seperti ini, bukan kali pertama terjadi. 

Baca Juga: PSI Duga Akun Instagram Giring Hilang karena Ada Report Massal

2. Menyinggung operasi cyber

Instagram Giring Lenyap, PSI: Berpendapat Tak Boleh DibungkamGiring Ganesha dalam acara Indonesia Millenial Summit (Dok/IDN Times)

Ariyo menyayangkan lenyapnya akun Instagram milik Giring. Sebab, kata dia, Giring tidak melakukan pelanggaran apa pun.

“Kami tentunya cukup menyayangkan ini terjadi ketika kami selalu berupaya menggunakan media sosial dengan cara yang patut dan wajar,” ungkapnya.

Ariyo pun menyinggung adanya operasi cyber gara-gara kritik yang dilontarkan oleh Giring beberapa waktu terakhir. 

3. Kebebasan berpendapat tidak boleh dibungkam

Instagram Giring Lenyap, PSI: Berpendapat Tak Boleh DibungkamGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha (kanan) (Dok. Instagram Anies Baswedan/Giring Ganesha)

Jika benar ada operasi demikian, maka menurutnya hal itu sangat tidak kondusif untuk iklim demokrasi di Indonesia.

“Di balik kritik yang sehat, maka hal tersebut (operasi cyber) sangat tidak kondusif untuk iklim demokrasi. Kebebasan berpendapat tidak boleh dibungkam dengan gerakan anti kritik,” tutur dia.

Baca Juga: Pengamat: Anies Harus Berterima Kasih pada Giring

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya