Negatif Narkoba, Kenapa Aktor Naufal Samudra Ditangkap?

Penangkapan Naufal berkaitan dengan pengembangan kasus lain

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya menangkap aktor Naufal Samudra terkait kasus narkoba pada Jumat (7/1/2022) kemarin. Setelah pemeriksaan, hasil tes urine terhadap Naufal diketahui negatif narkoba.

Polisi pun mengaku tidak menemukan adanya barang bukti narkoba di rumah Naufal di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Lantas, apa alasan polisi mengamankan kekasih pesinetron Dinda Kirana itu?

1. Berawal dari pengembangan kasus

Negatif Narkoba, Kenapa Aktor Naufal Samudra Ditangkap?Kabid Humas Polda Metro Jaya, Endra Zulpan (dok. Humas Polda Metro Jaya)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, menjelaskan penangkapan Naufal merupakan pengembangan kasus. Tepatnya, kasus narkoba dengan tersangka seorang pengedar bernama Ridwan, yang ditangkap pada 24 November 2021.

Zulpan mengungkapkan Ridwan merupakan sosok pemasok narkoba jenis LSD kepada aktor Jeff Smith.

“Hasil daripada pemeriksaan penyidik terhadap tersangka saudara Ridwan, di situ memiliki rekam jejak digital yang mengaitkan saudara Naufal dan Jeff Smith yang kita amankan beberapa waktu lalu terkait narkoba jenis LSD,” jelas Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (8/1/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Artis Naufal Samudra Ditangkap Terkait Narkoba

2. Naufal pernah pesan narkoba jenis LSD

Negatif Narkoba, Kenapa Aktor Naufal Samudra Ditangkap?Instagram.com/mr.jeffsmith

Dalam percakapan di media sosial tersebut, Naufal didapati pernah memesan narkoba jenis LSD kepada Ridwan sebanyak tiga kali. Naufal sudah mengambil barangnya saat pemesanan terakhir.

Namun, saat polisi melakukan pengamanan tak ditemukan barang bukti LSD yang Naufal pesan. Hasil tes urine Naufal juga negatif. 

“Kemudian kemarin, saat kita lakukan oengamanan saudara Naufal di rumahnya, penyidik tidak menemukan barang bukti LSD. Kemudian dilakukan tes urine kepada saudara Naufal dengan hasil negatif,” tutur dia.

3. Naufal tetap direhabilitasi sebagai edukasi

Negatif Narkoba, Kenapa Aktor Naufal Samudra Ditangkap?Naufal Samudra ditangkap atas kasus narkoba (Dok. Istimewa)

Karena tak ditemukan barang bukti serta hasil urine negatif, maka status Naufal ditetapkan sebagai saksi. Kendati begitu, iNaufal tetap direhabilitasi di RSKO Cibubur karena pernah menggunakan narkoba. 

“Yang bersangkutan sedang tidak menggunakan dan tidak memiliki barang bukti baik di dalam tubuhnya maupun di dalam rumahnya. Kemudian hasil tes urinenya juga negatif, sehingga terhadap saudara naufal penyidik sudah menetapkan statusnya sebagai saksi,” kata Zulpan.

Rehabilitasi terhadap Naufal ini hanya sebagai upaya edukasi dari pihak kepolisian karena dia seorang public figure. Selain itu, berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 tentang restorative justice.

“Tentunya (rehabilitasi) ini sebagai langkah edukasi dari kepolisian dalam rangka pencegahan penggunaan narkoba khususnya kepada generasi muda, apalagi sebagai public figure. Ini juga menyikapi dari adanya Perpol atau Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 terkait dengan restorative justice,” terangnya.

Baca Juga: 10 Fakta Naufal Samudra yang Kembali Ditangkap karena Narkoba 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya