Pemprov DKI akan Pindahkan Warga Korban Kebakaran di Simprug ke Rusun

Kawasan Simprug termasuk ke dalam zona hijau

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan, akan merelokasi para korban kebakaran di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022) lalu ke rumah susun (rusun).

“Saya kira itu usulan yang baik (pindah ke rusun), memang di Jakarta ini masih ada zona-zona hijau atau tempat-tempat umum yang tidak seharusnya diperuntukkan perumahan tetapi diisi (dibangun rumah),” kata Riza kepada wartawan, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga: Kebakaran Permukiman di Simprug Gara-Gara Korsleting Listrik

1. Kawasan Simprug zona hijau

Pemprov DKI akan Pindahkan Warga Korban Kebakaran di Simprug ke RusunWarga berkumpul menjauh dari lokasi kebakaran di jalan Simprug Golf Jaksel (IDN Times/M Ilman Nafi'an)

Dia mengatakan, kawasan Simprug memang masuk ke dalam zona hijau. Dengan demikian, di lokasi tersebut tidak diperbolehkan untuk kawasan permukiman.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta akan mencarikan solusi dengan membangunkan rusunawa bagi warga yang tinggal di sana.

“Solusi itu akan kami carikan, yang pasti kami terus melakukan pembangunan rusunawa. Korban banjir dan kebakaran itu menjadi prioritas,” kata dia.

Baca Juga: Kebakaran di Simprug Golf Jaksel, 13 Unit Damkar Dikerahkan

2. Kebakaran musnahkan 100 rumah

Pemprov DKI akan Pindahkan Warga Korban Kebakaran di Simprug ke RusunKebakaran di Jalan Simprug Golf II RT 4 RW 8 Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Dok. Florian Kitt)

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Jalan Simprug II, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan Minggu (21/8/2022) siang. 

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan Ruwanto, menjelaskan pihaknya menerima laporan adanya kebakaran dari warga pukul 10.48 WIB.

Setidaknya, ada 100 rumah yang terbakar di lokasi tersebut dan kerugian ditaksir mencapai Rp5 miliar.

Baca Juga: Kronologi Kebakaran di Simprug Jaksel yang Hanguskan 100 Rumah

3. Para korban diungsikan ke gereja sementara

Pemprov DKI akan Pindahkan Warga Korban Kebakaran di Simprug ke RusunIDN Times/Muhammad Ilman Nafian

Pasca kejadian, para korban diungsikan ke Gereja Jakarta Somang Church.

"Luas area yang terbakar sekitar 2 hektare," kata Ruwanto.

Selain itu, kata Ruwanto, ada 200 kepala keluarga (KK) atau 555 jiwa yang terdampak akibat kebakaran itu.

Baca Juga: Korban Kebakaran Simprug Diungsikan ke Gereja

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya