Reaksi PSI Dengar Anies Kunker Keliling Eropa Jelang Akhir Jabatan 

Anies dinilai tak fokus selesaikan target kerjanya

Jakarta, IDN Times - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengkritik kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke luar negeri, atau tepatnya ke beberapa negara di Eropa.

Menurutnya, di akhir masa jabatan yang tersisa kurang dari enam bulan ini, sebaiknya Anies harus fokus menyelesaikan janji-janji yang belum selesai.

Diketahui, Anies Baswedan melakukan kunjungan kerja dengan mengunjungi tiga negara di Eropa yakni, Inggris, Jerman, dan Prancis. Adapun tujuan dari kunjungan Anies ke-tiga negara Eropa tersebut untuk membahas kerja sama pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dan lainnya.

"Masa jabatan Pak Anies sudah kurang dari enam bulan lagi, tapi malah kunjungan ke Eropa. Ini makan waktu kan, padahal banyak pekerjaan rumah yang belum selesai. Pak Anies harusnya menuntaskan janji-janjinya dulu," kata Anggara, kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

1. Anies harusnya fokus ke target kerjanya yang akan berakhir Oktober

Reaksi PSI Dengar Anies Kunker Keliling Eropa Jelang Akhir Jabatan Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI, Anggara Wicitra (dok. Humas PSI DKI Jakarta)

Anggara menambahkan, setidaknya Anies dapat fokus mengerjakan target-target yang tertuang dalam Instruksi Gubernur No. 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022.

"Pak Anies buat sendiri Ingub tentang penyelesaian isu prioritas daerah setahun ini, tapi masih banyak yang belum selesai seperti Revisi Peraturan Daerah tentang RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), Rencana Induk Transportasi Jakarta, dan Peraturan Gubernur tentang RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) yang masih belum disahkan, padahal targetnya sudah terlewati di tahun lalu," terangnya.

2. Program prioritas Anies dinilai belum ada kejelasan

Reaksi PSI Dengar Anies Kunker Keliling Eropa Jelang Akhir Jabatan IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, Anggara juga menyebut, beberapa program prioritas yang belum ada kejelasan seperti program LRT, layanan air bersih di kampung prioritas, ITF dan penanganan sampah, hingga pembangunan dan pengisian rusun.

"Intinya salah prioritas, bagaimana bisa program prioritas banyak yang belum tuntas tapi malah kunjungan kerja ke Eropa lebih dari seminggu,” kata dia.

3. Anies bisa bahas kerja sama melalui daring

Reaksi PSI Dengar Anies Kunker Keliling Eropa Jelang Akhir Jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dia menyebut, jika salah satu agendanya membahas kerja sama di kondisi pandemi seperti ini, Anies seharusnya bisa mengirim perwakilan atau berkomunikasi secara daring saja. 

“Jika seperti buang-buang waktu seperti ini, kami yakin rapor kerja Pak Anies merah di akhir masa jabatan," tutupnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya