Comscore Tracker

Wagub DKI: Kampung Susun Bayam akan Dihuni Warga Terdampak JIS

Tak semua warga sekitar JIS dapat hunian Kampung Susun Bayam

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, masyarakat yang terdampak pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) akan menghuni Kampung Susun Bayam. Selain yang terdampak JIS, Kampung Susun Bayam akan dihuni masyarakat yang rumahnya kena gusur program pemerintah DKI Jakarta.

“Kampung Susun Bayam yang menghuni di antaranya adalah masyarakat sekitar, kemudian yang kena program normalisasi SDA. Sejauh ini, rumah susun (Kampung Bayam) dibangun untuk kepentingan masyarakat yang terdampak program-program normalisasi, maupun yang lingkungannya yang dirasa bermasalah,” kata Riza, kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Namun begitu, ada juga warga yang menghuni rumah bedeng atau bangunan liar di atas lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) tepatnya masih di area JIS. Kata Riza, nasib mereka masih menunggu keputusan dari Dinas Perumahan. 

“Itu nanti dalam proses dari Dinas Perumahan melalui kajian penelitian, dan evaluasi. Nanti dilihat mana yang berhak dan tidak. Semua ada ketentuannya.

1. Anies melakukan groundbreaking Kampung Susun Bayam

Wagub DKI: Kampung Susun Bayam akan Dihuni Warga Terdampak JISGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan pembangunan Kampung Susun Bayam, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (7/5/2022). (Dok. PPID DKI Jakarta)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan Kampung Susun Bayam, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (7/5/2022). Kampung Bayam merupakan permukiman bagi warga yang terdampak pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

"Alhamdulillah, satu lagi janji akan ditunaikan, kita mulai babak baru dengan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Bayam," ujar Anies dalam akun media sosial Instagramnya @aniesbaswedan, dikutip Minggu (8/5/2022).

Groundbreaking itu digelar Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pelaksana proyek JIS. Jakpro telah melakukan kegiatan sosialisasi dengan Resettlement Action Plan (RAP) bersama warga sekitar yang terdampak pembangunan JIS sejak Mei – Agustus 2019.

Baca Juga: Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun Bayam, 1 Janji Lagi Ditunaikan

2. Tujuan Anies dirikan Kampung Susun Bayam untuk warga terdampak

Wagub DKI: Kampung Susun Bayam akan Dihuni Warga Terdampak JISGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan pembangunan Kampung Susun Bayam, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (7/5/2022). (Dok. PPID DKI Jakarta)

Anies menjelaskan, RAP ini bertujuan agar warga yang terdampak tidak mengalami penurunan kualitas hidup, tetap dapat hidup berkelanjutan, serta anak-anak dapat meraih apa yang dicita-citakan.

“Proses pembangunan memang ada urutannya. Ketika proses tersebut, bagi yang menjalani akan terasa lama, tapi sesudah nanti terbangun akan menjadi sebuah tempat bapak ibu menorehkan sejarah panjang di masa depan,” kata Anies dikutip dari PPID DKI Jakarta.

Mendikbud berharap, nantinya permukiman seluas 11,8 hektare tersebut dapat dikerjakan tepat pembiayaan, tepat waktu dan tepat kualitas. Sehingga, pada September 2022 pembangunan ini dapat selesai.

"Kami titipkan tiga hal pada semua yang mengerjakan, yakni on budget, on schedule, dan on quality. Sehingga, huniannya jadi yang terbaik serta tepat waktu tuntas September,” tandasnya.

3. Kampung Susun Bayam diperuntukkan bagi 135 KK

Wagub DKI: Kampung Susun Bayam akan Dihuni Warga Terdampak JISGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan pembangunan Kampung Susun Bayam, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (7/5/2022). (Dok. PPID DKI Jakarta)

Untuk diketahui, Kampung Susun Bayam terdiri dari tiga blok atau gedung dengan empat lantai yang diperuntukkan bagi 135 kepala keluarga, ditambah dengan tiga unit hunian khusus difabel, sehingga total berjumlah 138 unit hunian.

Unit hunian memiliki luas 36 meter persegi dengan layout ruangan meliputi dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga, balkon dan tempat menjemur pakaian.

Konsep desain Kampung Susun Bayam mengambil konsep Mezzanine (Hunian Bertumbuh), yang mana pada satu lantai bangunan terdapat dua lantai fungsional.

Kampung Susun Bayam juga memiliki fasilitas pendukung, seperti unit usaha warga, koperasi dan gudang, musala, tempat wudu, taman kanak-kanak dan perpustakaan, aula serbaguna, toilet umum, serta ramp difabel.

Baca Juga: 7 Potret Anies Baswedan Resmikan Pembangunan Kampung Susun Bayam 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya