Marhaban Ya Ramadan hingga Tol Cikampek Ganti Nama Jadi Sheikh MBZ

#IndonesiaHariIni, barang bukti KPK dibawa kabur pakai truk

Jakarta, IDN Times - Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama memutuskan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021. Ada 13 orang yang di bawah sumpah menyatakan hilal sudah dilihat sehingga diputuskan awal Ramadan jatuh esok hari.

Selain putusan sidang isbat, pembaca IDN Times pada Senin (12/4/2021) juga menyoroti soal Tol Cikampek yang berganti nama jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ), putra mahkota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

1. Selasa besok kita puasa ya

Marhaban Ya Ramadan hingga Tol Cikampek Ganti Nama Jadi Sheikh MBZ

Pemerintah resmi menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4/2021). Penetapan awal Ramadan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama.

Menag mengatakan, sidang isbat dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia dan perwakilan negara-negara sahabat. Marhaban ya Ramadan! Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: Wadah Pegawai KPK Tuntut Jokowi Tanggung Jawab Kasus Novel Baswedan

2. Barang bukti kasus suap yang ditangani KPK dibawa kabur pakai truk

Marhaban Ya Ramadan hingga Tol Cikampek Ganti Nama Jadi Sheikh MBZIDN Times/ Helmi Shemi

Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) kehilangan barang bukti kasus suap di Kalimantan Selatan. Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK membenarkan bahwa Tim Penyidik sempat berupaya mengejar truk yang diduga menyimpan dokumen terkait kasus dugaan suap penurunan pajak di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Sayangnya, truk itu berhasil lolos dari pengejaran Tim Penyidik KPK. Barang bukti pun raib. Baca kronologinya di sini.

3. Ini aturan di Masjid Istiqlal selama Ramadan

Marhaban Ya Ramadan hingga Tol Cikampek Ganti Nama Jadi Sheikh MBZIDN Times/Ashari Arief

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Masjid Istiqlal Faried F Saenong mengatakan, pengurus masjid tidak mewajibkan masyarakat yang ingin salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal untuk menunjukkan surat hasil negatif swab antigen. Pemeriksaan COVID-19 hanya melalui cek suhu tubuh.

"Semua yang di atas 37 (derajat celcius) misalnya tidak diperkenankan masuk ke masjid, jadi itu bagian dari pencegahan kita," katanya. Apa aturan lainnya? Baca selengkapnya di sini.

4. Tol Cikampek ganti nama jadi putra mahkota Abu Dhabi

Marhaban Ya Ramadan hingga Tol Cikampek Ganti Nama Jadi Sheikh MBZANTARA FOTO/Risky Andrianto

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol layang Japek yang telah diresmikan Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Desember 2019, hari ini berganti nama.

Ruas Tol Layang Japek akan berganti nama menjadi Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ). Sheikh Mohamed Bin Zayed merupakan Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA). Dia adalah putra almarhum Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan yang merupakan presiden pertama UEA. Detailnya ada di tautan ini.

5. Curhat Bambang Brodjonegoro, menristek terakhir Indonesia

Marhaban Ya Ramadan hingga Tol Cikampek Ganti Nama Jadi Sheikh MBZIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan kesedihan karena akan menjadi Menristek terakhir yang ada di Indonesia. Hal ini terkait dengan keputusan presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menggabungkan Kemenristek dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sejak Jumat, 9 April 2021.

"Secara pribadi saya juga merasa tidak enak, merasa sedih, karena boleh dibilang saya menjadi Menristek terakhir karena Ristek tidak lagi sebagai Kementerian yang berdiri sendiri seperti dulu," kata Bambang.

Baca curahan hati Bambang di link ini.

Baca Juga: Survei: Publik Lebih Pilih AHY Ketimbang Moeldoko pada Pilpres 2024

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya