Salam Corona Ala Ma'ruf Amin, JK dan Sri Mulyani

Sri Mulyani dan JK tampak saling menyentuhkan sikut

Jakarta, IDN Times - World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia yang berada di bawah payung Persatuan Bangsa Bangsa mengumumkan status virus corona atau COVID-19 sebagai pandemik.

Untuk mencegah penularan virus salah satunya dengan meminimalisir jabat tangan. Wapres Ma'ruf Amin, mantan Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mencoba mempraktikkan 'salam corona' saat bertemu.

Mereka saling menyapa dan bersalaman tanpa menyentuh telapak tangan saat bertemu di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (12/3).

1. Salam corona juga bisa dilakukan lewat sentuhan sikut

Salam Corona Ala Ma'ruf Amin, JK dan Sri MulyaniAlternatif Salam untuk Menghindari COVID-19 yang dipraktikkan Ma'ruf Amien, Jusuf Kalla dan Sri Mulyani (Dok. Staf Wapres RI)

Dalam dokumen foto Sekretariat Wapres kepada media, tampak Ma'ruf Amin, Sri Mulyani dan Jusuf Kalla yang mengenakan batik biru saling mengatupkan kedua telapak tangan di dada masing-masing sebagai pengganti jabat tangan.

Bahkan Sri Mulyani dan Jusul Kalla mempraktikkan gaya lain, yakni bersentuhan sikut.

Ma'ruf, Sri Mulyani dan Jusuf Kalla bertemu untuk rapat bersama pengurus Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) guna membahas mengenai pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

2. Prabowo dan Raja Belanda juga meminimalisir jabat tangan

Salam Corona Ala Ma'ruf Amin, JK dan Sri MulyaniAlternatif Salamu untuk Menghindari COVID-19 yang dipraktikkan Menhan Prabowo Subianto . IDN Times/Uni Lubis

Baca Juga: [BREAKING] WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemik

Gaya salam tanpa saling menyentuh telapak tangan juga dipraktikkan Menhan Prabowo Subianto saat pertemuan pemimpin redaksi pada Selasa malam (10/3) di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Begitu pula Raja Belanda Willem saat berkunjung ke Indonesia awal pekan ini. Ia tidak berjabat tangan, melainkan mengatupkan kedua telapak tangannya di dada.

3. Virus corona ditularkan lewat cara droplets

Salam Corona Ala Ma'ruf Amin, JK dan Sri MulyaniIlustrasi namaste untuk menghindari penularan virus corona / IDN Times

Seperti diketahui, penyebaran virus corona terjadi lewat cara droplets (percikan air liur), sehingga cara terbaik pencegahan adalah mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, dan meminimalkan sentuhan tangan.

Penelitian menunjukkan jabat tangan bisa mentransfer 124 juta bakteri. Sementara high five bisa menularkan 55 juta bakteri, 7 juta bakteri berpindah saat dua orang saling bersentuhan buku-buku jari yang tergenggam (fist bump).

Data CSSE John Hopkins University menunjukkan sebanyak 126.136 orang dari seluruh dunia terinfeksi virus corona dengan angka kematian menyentuh 4.630 orang. Adapun angka yang sembuh tercatat 68.216 orang. Peningkatan pesat jumlah orang yang terinfeksi tercatat di Italia dan Iran.

Baca Juga: [BREAKING] Tom Hanks Akui Positif Terjangkit Corona

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya