Catat! Ini Cara Dapat Obat COVID Gratis Lewat Telemedicine

Pasien COVID-19 yang isolasi mandiri bisa dapat obat gratis

Jakarta, IDN Times - Pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri khusus di DKI Jakarta bisa mendapatkan obat gratis melalui platform telemedicine. Ada beberapa tahapan untuk memperolehnya.

Program ini digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 11 telemedicine antara lain AloDokter, Get Well, Good Doctor, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, LinkSehat, Milfield Dokter, ProSehat, SehatQ dan YesDok.

Baca Juga: Pemerintah Sediakan Obat Gratis bagi Pasien Isoman via Telemedicine

1. Tahap-tahap memperoleh obat gratis

Catat! Ini Cara Dapat Obat COVID Gratis Lewat Telemedicineilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Pertama, pasien COVID-19 memerlukan kode voucher untuk konsultasi gratis di 11 telemedicine tersebut. Untuk memperoleh kode voucher itu, pasien harus melakukan tes PCR atau rapid test antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Apabila hasilnya positif, laboratorium akan melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 Kemenkes.

Kedua, Kemenkes melalui akun resminya di WhatsApp (Kemenkes RI bercentang hijau) akan mengirimkan kode voucher tersebut.

Ketiga, pasien melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform telemedicine tersebut. Ketika diarahkan pada menu pembayaran biaya konsultasi, masukkan kode voucher dari WhatsApp Kemenkes RI. Dalam konsultasi itu, pasien harus menginformasikan bahwa dirinya termasuk pasien program Kemenkes.

Keempat, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Apabila pasien tersebut dalam kondisi yang bisa melakukan isolasi mandiri (orang tanpa gejala atau gejala ringan), obat dapat ditebus dengan gratis.

Kelima, tebus resep obat gratis dari Kemenkes dengan mengirim pesan WhatsApp ke gerai apotek Kimia Farma. Pesan yang dikirim berisi bukti tangkapan layar (screenshoot) resep digital atau dalam format PDF, KTP, dan alat pengiriman.

Keenam, obat akan dikirim  jasa pengiriman Sicepat dari Apotek Kimia Farma ke alamat pasien.

2. Kontak apotek Kimia Farma yang akan mengirimkan obat gratis

Catat! Ini Cara Dapat Obat COVID Gratis Lewat TelemedicineIDN Times/Imam Rosidin

Pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri bisa menghubungi WhatsApp apotek Kimia Farma berdasarkan wilayah masing-masing:

  • Jakarta Timur: wa.me/628112223049
  • Jakarta Utara: wa.me/628112221832
  • Jakarta Pusat: wa.me/6287877241590
  • Jakarta Barat: wa.me/6287877241405
  • Jakarta Selatan: wa.me/62895324874355

Baca Juga: Resmi! Ini Harga Eceran Tertinggi 11 Obat COVID-19

3. Pemberian obat gratis melalui telemedicine untuk menekan risiko penularan

Catat! Ini Cara Dapat Obat COVID Gratis Lewat TelemedicineIlustrasi corona. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri membutuhkan konsultasi, ketenangan, perhatian, dan pengobatan yang benar.

Oleh sebab itu, pihaknya menyediakan layanan telemedicine agar pasien yang isolasi mandiri tak perlu ke rumah sakit (RS) untuk menekan risiko penularan.

“Maka kita bekerjasama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Budi dalam konferensi pers virtual yang digelar Senin (5/7/2021).

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya