Comscore Tracker

Anggota DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel, Politikus PKB: Memalukan

Anggota DPR dinilai mampu mengurus dirinya sendiri

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin, menilai agak memalukan apabila anggota DPR minta diberikan fasilitas khusus untuk isolasi mandiri (isoman). Hal itu ia katakan karena melihat pada situasi pandemik COVID-19 saat ini, rakyat sedang kesusahan.

"Coba rasakan situasi darurat semacam ini, bagi masyarakat bawah yang terpapar COVID-19 situasi mereka pasti lebih sulit lagi. Obat-obatan gratis yang disiapkan pemerintah belum tentu menjangkau mereka sepenuhnya," kata Yanuar dikutip dari ANTARA, Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Ramai-ramai Anggota DPR Tolak Fasilitas Isoman Hotel Usai Tuai Protes

1. Menyakiti hati rakyat

Anggota DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel, Politikus PKB: MemalukanWarga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 saat Vaksinasi Massal COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 26 JWarga antre untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 saat Vaksinasi Massal COVID-19 dalam rangka HUT ke-75 Bhayangkara di Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 26 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Politikus PKB tersebut mengatakan, fasilitas hotel untuk isoman anggota DPR yang terpapar COVID-19 sangat menyakiti hati rakyat.

Terlebih lagi ia menilai banyak warga yang terpapar COVID-19 dalam kondisi sulit, harus mengantre untuk mendapatkan pelayanan rumah sakit, bahkan belum tentu mendapat kamar jika ingin isolasi di rumah sakit.

"Di tengah berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat, rencana semacam ini sungguh menyakit hati rakyat," kata Yanuar.

2. Anggota DPR dinilai mampu untuk mengurus diri sendiri

Anggota DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel, Politikus PKB: Memalukan(Ilustras) ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Menurut Yanuar, jika terpapar COVID-19 anggota DPR memiliki kemampuan untuk mengurus dirinya sendiri, seperti mampu membeli obat-obatan dan isolasi sendiri.

Maka dari itu, ia mengatakan, jika ada anggaran khusus yang digunakan untuk fasilitas isoman anggota DPR sebaiknya disalurkan untuk kebutuhan masyarakat saja.

3. Anggota DPR diberi fasilitas hotel untuk tempat isoman

Anggota DPR Dapat Fasilitas Isoman di Hotel, Politikus PKB: MemalukanHotel Indonesia Kempinski Jakarta yang berada di Bundaran HI (IDN Times/Besse Fadhilah)

Anggota DPR yang terpapar COVID-19 dengan gejala atau gejala ringan mendapatkan fasilitas khusus menjalani isoman di dua hotel bintang tiga Jakarta, yaitu Hotel Ibis di Jalan Daan Mogot dan Hotel Oasis di Jalan Senen Raya.

Hal itu tertuang di dalam surat Sekretariat Jenderal DPR Nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021. Surat yang dibuat tanggal 26 Juli 2021 itu diteken langsung oleh Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar.

"Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, bahwa Sekretariat Jenderal DPR RI bekerja sama dengan beberapa hotel menyediakan fasilitas karantina atau isolasi mandiri bagi anggota DPR RI yang terkonfirmasi positif COVID-19. Fasilitas ini dapat diakses bagi anggota tanpa gejala (OTG) maupun gejala ringan," demikian bunyi surat yang diteken oleh Indra pada Senin lalu.

Tak hanya itu, Indra juga mengatakan bahwa kebijakan tidak berlaku bagi anggota DPR saja, melainkan berlaku bagi staf anggota DPR, personel TNI, Polri hingga ke ASN.

"Semua biaya ditanggung oleh negara," kata Indra.

Baca Juga: Anggota DPR Kini Dapat Fasilitas Isoman Gratis di Hotel Berbintang

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya