Anggota DPR Fraksi PAN John Mirin Meninggal Dunia akibat COVID-19

Anggota DPR Dapil Papua ini seminggu dirawat akibat COVID-19

Jakarta, IDN Times - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Papua dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), John Siffy Mirin meninggal dunia hari ini, Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 03.40 WIB.

"Hari ini pukul 03.40 saya mendapat telepon dari Rosaline bahwa John Mirin telah wafat. Sedih sekali saya mendengarnya. Ini kabar duka ke sekian kalinya yang menerpa PAN selama pandemik ini," ujar Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan melalui keterangan resminya, Sabtu (3/7/2021).

Diketahui sebelumnya, John Mirin sedang berjuang melawan COVID-19 sebelum akhirnya meninggal dunia. 

1. Sudah seminggu melawan COVID-19

Anggota DPR Fraksi PAN John Mirin Meninggal Dunia akibat COVID-19Anggota DPR RI dari Fraksi PAN John Siffy Mirin meninggal dunia (Twitter.com/DPR_RI)

Sebelum akhirnya meninggal dunia, John Mirin diketahui sudah sekitar satu minggu berjuang melawan COVID-19 namun kesehatannya terus menurun.

Dalam seminggu tersebut Zulkifli mengatakan bahwa dirinya intens berkomunikasi dengan Wakil Sekretaris Jenderal dan Kader PAN asal Papua, dr. Rosaline Irene Rumaseuw, yang menemani John Mirin dan keluarga.

"Rosaline terus mengabarkan perkembangan kesehatan John, hingga akhirnya harus dilarikan ke RS Medistra Jakarta. Saya katakan kepada Rosaline untuk terus mendampingi John dan keluarga," ujar Zulkifli.

Baca Juga: [BREAKING] Innalillahi, Rachmawati Soekarnoputri Tutup Usia

2. Sempat memburuk ketika menunggu kamar ICU yang kosong

Anggota DPR Fraksi PAN John Mirin Meninggal Dunia akibat COVID-19Ilustrasi pasien COVID-19 di ruang ICU. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Pada hari Jumat, 2 Juli 2021 Zulkifli memaparkan bahwa kesehatan John sempat dikabarkan memburuk dengan saturasi oksigen yang terus menurun dan harus dibantu ventilator.

Namun, ia mengatakan saat itu RS dalam keadaan penuh dan John masih dirawat di IGD sambil menunggu kamar ICU yang kosong.

"Akhirnya saya mendapat kabar pukul 01.15 dini hari tadi bahwa John bisa dipindahkan ke ruang ICU RSPAD Gatot Subroto. Keluarga John pun setuju untuk dipindahkan. Saya minta Ketua Fraksi PAN DPR RI sekaligus anggota Komisi IX, Saleh Daulay untuk segera mengurus ambulansnya," ujar Zulkifli.

Namun, takdir berkata lain Zulkifli justru mendapat telepon dari Rosaline mengabarkan bahwa John Mirin telah meninggal dunia. 

3. Tak hanya PAN, Papua dan Indonesia juga berduka

Anggota DPR Fraksi PAN John Mirin Meninggal Dunia akibat COVID-19ANTARA FOTO/Iwan Adisaputra

Menurut Zulkifli, duka ini bukan hanya bagi PAN tetapi bagi Papua dan Indonesia. Ia berharap agar kejadian ini menjadi pengingat untuk seluruh masyarakat agar lebih waspada dan saling peduli terhadap satu sama lain selama pandemik ini.

Ia juga berterima kasih kepada Saleh Daulay dan Rosaline Rumaseuw yang turut berupaya keras membantu John Mirin semasa berjuang melawan COVID-19.

"Selamat jalan kader PAN kebanggaan masyarakat Papua, John Mirin. Semoga tenang di sisi-Nya, Tuhan memberkati perjuangan John selama ini," ujar Zulkifli. 

"Atas nama pribadi dan keluarga besar PAN, saya juga menyampaikan duka cita yang mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga diberi ketabahan," lanjutnya.

Baca Juga: Profil Rachmawati Soekarnoputri, Adik Megawati yang Wafat Hari Ini

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya