Rentan Terpapar COVID-19, Satgas Vaksinasi Warga Suku Anak Dalam Jambi

Tak semua vaksinasi karena jarak yang jauh

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi melakukan vaksinasi kepada warga Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Kecamatan Bajubang. Vaksinasi dilakukan karena warga Suku Anak Dalam sudah hidup berdampingan dengan masyarakat, sehingga rentan terpapar COVID-19.

"Vaksinasi massal dilakukan di Puskesmas Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, pada 500 sasaran termasuk di dalamnya warga SAD," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari M Azan, dikutip dari ANTARA, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

1. Tak semua mengikuti vaksinasi karena lokasi yang jauh

Rentan Terpapar COVID-19, Satgas Vaksinasi Warga Suku Anak Dalam JambiOrang Rimba Jambi/IDN Times/Dokumentasi KKI Warsi

Warga SAD yang mengikuti vaksinasi di antaranya berusia 19-41 tahun, termasuk di antaranya 18 orang warga SAD dari Kelompok Kandang Rebo. Namun karena jarak lokasi vaksinasi yang cukup jauh dari permukiman warga SAD, tidak semua ikut melakukan vaksinasi.

"Kami ikut menyukseskan program vaksinasi COVID-19, banyak warga kami yang lainnya tidak bisa ikut karena lokasinya yang jauh dan tidak bisa naik mobil, mereka mabuk," ujar Temenggung Batin Kandang Rebo.

Oleh karena itu, Azan mengatakan, Satgas COVID-19 akan melakukan vaksinasi jemput bola pada warga SAD yang tak dapat datang ke lokasi vaksinasi.

2. Mengonsumsi obat-obatan tradisional sebelum divaksin

Rentan Terpapar COVID-19, Satgas Vaksinasi Warga Suku Anak Dalam JambiSudung, tempat tinggal Orang Rimba Jambi/IDN Times/Dokumentasi KKI Warsi

Temenggung Batin mengatakan, warga SAD dalam kelompoknya mengikuti anjuran dari pemerintah untuk melakukan vaksinasi.

Tetapi, ia mengatakan, sebelum melakukan vaksinasi warga SAD mengonsumsi obat-obatan tradisional yang terdapat di dalam hutan, seperti mengonsumsi air rebusan daun sungkai untuk menjaga daya tahan dan imun tubuh.

3. Warga SAD di luar Kecamatan Bajubang juga ikut vaksinasi

Rentan Terpapar COVID-19, Satgas Vaksinasi Warga Suku Anak Dalam Jambiilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Diketahui, terdapat tiga kelompok warga SAD di Kecamatan Bajubang yaitu kelompok Lalan, Bahar, dan Kandang Rebo. Jumlah warganya lebih dari seribu dan kelompok Kandang Rebo sendiri lebih dari 300 orang.

Namun, tak hanya di Kecamatan Bajubang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari Dokter Elvie Yennie mengatakan, vaksinasi juga dilakukan di kecamatan lain. Adapun warga SAD di Kabupaten Batanghari tersebar di Kecamatan Batin XXIV, Mersam, Maro Sebo Ilir, dan Kecamatan Maro Sebo Ulu.

"Sebelumnya sudah dilakukan vaksinasi dosis pertama terhadap 20 orang warga SAD yang berada di Sungai Terap, Kecamatan Batin XXIV," ujar Elvie.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Suku Badui Tidak Pernah Divaksinasi?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya