Comscore Tracker

Kabar Nisan Habibie Rusak karena Warga Berebut Swafoto, Ini Faktanya

Masyarakat sangat antusias berziarah ke makam Habibie

Jakarta, IDN Times - Duka Indonesia atas wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie masih terasa jelang sepekan kepergiannya. Makam Bapak Bangsa itu bahkan tak pernah sepi diziarahi oleh masyarakat.

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan foto pengunjung yang berswafoto di makam BJ Habibie saat berziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Ramainya masyarakat yang melakukan swafoto di makam BJ Habibie, sempat memunculkan kabar bahwa batu nisan di makam Habibie miring.

Untuk mengetahui fakta dari kabar tersebut, IDN Times melihat langsung ke lokasi. Begini faktanya.

1. Kabar batu nisan miring

Kabar Nisan Habibie Rusak karena Warga Berebut Swafoto, Ini Faktanyadok.IDN Times/Vamela

Kabar bahwa batu nisan milik Habibie miring setelah diserbu masyarakat dibantah oleh petugas kebersihan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Joko Santoso, yang menjaga makam tersebut.

"Alhamdulilah tidak apa-apa, memang benar gak miring, bukan miring. Pengunjung peziarah menebarkan kembang begitu banyak, kebetulan bunga yang kering-kering saya ambilin, jadi terlihat permukaan makam tidak rata dan miring, sebenarnya gak apa-apa, kerusakan juga tidak ada," ujar Joko kepada IDN Times, Selasa (17/9).

Baca Juga: Kisah TB Hasanuddin: 8 Buku Catatan Selama Jadi Ajudan Habibie

2. Makam BJ Habibie dipenuhi bunga

Kabar Nisan Habibie Rusak karena Warga Berebut Swafoto, Ini Faktanyadok.IDN Times/Vamela

Saat mengunjungi makam, tidak lupa para peziarah membawa bunga dan menaburkannya di atas tanah makam Habibie, sehingga makam dipenuhi oleh bunga. Bunga yang diberikan juga berbagai macam, mulai dari kumpulan kelopak bunga yang ditabur hingga bunga mawar tangkai yang diletakkan di samping batu nisan Habibie.

3. BJ Habibie wafat di umur 83 tahun

Kabar Nisan Habibie Rusak karena Warga Berebut Swafoto, Ini Faktanyadok.IDN Times/Vamela Aurina

Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) di RSPAD Gatot Soebroto di umur 83 tahun pada pukul 18.05 WIB dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari.

Baca Juga: Diminta Jadi Politikus Jujur, Ini 3 Pesan Habibie ke Mantan Ajudannya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You