Comscore Tracker

Andrea Gunawan: Jadi Influencer Gak Harus Punya Ribuan Followers

Jadi influencer harus bisa speak up, ya!

Jakarta, IDN Times - Influencer Andrea Gunawan mengajak millennials untuk tidak takut memanfaatkan media sosial sebagai sarana mengutarakan pendapat. Sebab, masing-masing dari kita adalah sosok yang mampu mempengaruhi orang lain.

“Masing-masing dari kita adalah influencer tanpa harus memiliki ratusan ribu followers,” ungkap pemilik akun Instagram @catwomanizer dalam acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2019 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang, Jumat (6/9).

Bagi kamu yang berminat untuk menjadi influencer, saran dari Andrea adalah jangan ragu untuk memulainya. “Kalau gak mulai, you never know bagaimana tanggapan orang-orang,” ujarnya.

Terkait tanggapan dari orang lain, Andrea menyarankan supaya tidak terlalu ambil pusing. “Karena kita gak bisa mengontrol apapun itu dari orang lain. Tapi intinya adalah kita harus bisa mengontrol diri sendiri. Harus berani speak up dan berani mengutarakannya ke publik,” kata dia.

Untuk diketahui, IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Najwa Shihab di IWF 2019: Jurnalis Jangan Netral

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya