[CEK FAKTA] BPJS Kesehatan Diklaim Ma'ruf Asuransi Terbesar di Dunia

Ternyata BPJS menempati ranking 10 terendah

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, Ma’ruf Amin, menyebut alokasi anggaran kesehatan, terkhusus untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), adalah yang terbesar di dunia.

“Kami telah melakukan upaya asuransi sosial yang besar bahkan bahkan mencapai 215 juta peserta asuransi BPJS dan ini merupakan Asuransi terbesar di dunia,” kata Ma’ruf dalam debat Cawapres RI pertama.

Berdasarkan penelusuran fakta IDN Times, salah satunya data yang dihimpun oleh Worldatlas.com, ternyata Indonesia menempati peringkat ke-10 sebagai negara dengan pengeluaran kesehatan terendah.

Di samping itu, berdasarkan data World Health Organization (WHO), Indonesia menempati peringkat ke-92 sebagai negara dengan sistem kesehatan terbaik.

Debat Pilpres 2019 putaran ketiga pada Minggu (17/3), mempertemukan hanya kandidat cawapres dari dua kubu, tanpa disertai capres. Dalam debat ini membahas tema mengenai pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan.

Debat ketiga ini diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, mulai pukul 20.00 WIB. Moderator debat ketiga Pilpres 2019 adalah presenter Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas, yang akan disiarkan secara langsung di tiga stasiun TV yaitu CNN TV Indonesia, Trans TV, dan Trans 7.

Baca Juga: Sandiaga: Kami Bereskan BPJS di 200 Hari Pertama Kerja

[CEK FAKTA] BPJS Kesehatan Diklaim Ma'ruf Asuransi Terbesar di DuniaIDN Times/Sukma Shakti

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya