Janji Idham Azis: Ahli Agama Bisa Masuk Polri Meski Tes Tak Sempurna

Lulusan Aliyah dapat perhatian khusus saat perekrutan Polri

Jakarta, IDN Times - Kabareskrim Komjen Pol. Idham Azis, berjanji akan menghapus segala bentuk diskriminasi dalam perekrutan anggota Polri jika dia diamanatkan menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Idham Azis mengutarakan komitmen tersebut sebagai jawaban atas pertanyaan anggota Komisi III Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Ahmad Syamsurijal, dalam rangkaian uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri.

“Dalam proses rekrutmen, ada bahasanya diskriminasi. Biasanya kalau lulusan Aliyah tidak disamakan dengan lulusan sekolah umum. Padahal itu sederajat. Terkadang ada perlakuan (diskriminasI) terhadap lulusan Aliyah,” kata Cucun kepada Idham di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta Selatan, Rabu (30/10).

Baca Juga: Uji Kelayakan Calon Kapolri, Ini Komitmen dan Program Idham Azis

1. Ahli agama mendapat pertimbangan khusus bila ingin masuk Polri

Janji Idham Azis: Ahli Agama Bisa Masuk Polri Meski Tes Tak SempurnaIDN Times/Vanny El Rahman

Mendengar pernyataan itu, mantan Kapolda Metro Jaya itu mengutarakan, siswa-siswi lulusan Aliyah atau mereka yang memiliki dasar agama kuat mendapat perhatian khusus ihwal perekrutan.

“Kami rekrut yang punya keahlian mengaji, azan, dan ceramah. Kami beri porsi khusus. Bahkan dalam tes, dia tidak perlu sesempurna yang lain,” ujar Idham Azis.

2. Modal penting supaya bisa menjaga keamanan warga

Janji Idham Azis: Ahli Agama Bisa Masuk Polri Meski Tes Tak SempurnaKomisi III DPR RI Sambangi Kediaman Idham Azis (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Tidak hanya mereka yang beragama Islam, pendekatan ini, kata Idham, diterapkan sesuai kondisi demografis daerah-daerah tertentu.

“Karena nantinya mereka akan menjadi Babinkamtibmas yang azan dan mengaji di kelurahan-kelurahan. Begitu juga dengan agama-agama lain, di NTT dan di Manado,” paparnya.

3. Program tersebut sudah berjalan namun kurang terekspos

Janji Idham Azis: Ahli Agama Bisa Masuk Polri Meski Tes Tak Sempurna(Idham Azis yang kini menjabat sebagai Kabareskrim) IDN Times/Axel Jo

Tidak hanya menjaring lulusan sekolah lanjutan atas berbasis keagamaan, Polri juga menggalakkan rekrutmen dari sekolah berbasis kejuruan. Dia memastikan, program ini sudah berjalan lama, hanya saja, keluhnya, kegiatan tersebut jarang terekspos oleh media.

“Gak cuma Aliyah, kita juga mulai rekrut SMK, itu sudah berjalan, cuma kurang publikasi,” tutup Idham Azis.

Baca Juga: [BREAKING] Komisi III Sepakati Idham Azis Jadi Kapolri Secara Aklamasi

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya