Comscore Tracker

Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, Begini Sikap PSI

PSI sejak awal dukung Mahfud MD sebagai cawapres

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) 2019-2024.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai koalisi Jokowi yang mengusulkan Mohammad Mahfud MD sebagai calon pendamping Jokowi pada Pilpres 2019, mengaku tetap mendukung pria kelahiran Solo itu untuk periode kedua.

1. PSI intens ajukan nama Mahfud MD kepada Jokowi

Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, Begini Sikap PSIIDN Times/Irfan Fathurohman

Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni membenarkan pihaknya memang intens berkomunikasi dengan Jokowi, untuk mengajukan Mahfud MD sebagai cawapres.

"Dalam komunikasi langsung dan tidak langsung dengan Pak Presiden, kami menyampaikan aspirasi politik kami, yaitu mendukung Pak Mahfud MD dengan berbagai alasan, dan kelebihan yang Beliau miliki," terang Juli melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (9/8).

Baca Juga: Mahfud MD: Ma'ruf Amin Bisa Redam Isu Agama

2. PSI tetap dukung Jokowi

Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, Begini Sikap PSIIDN Times/Irfan Fathurohman

Awalnya, kata dia, partai koalisi mempersiapkan Mahfud MD sebagai bakal pendamping Jokowi. Namun, keputusan tersebut berubah menjelang detik-detik konferensi pers cawapres Jokowi. Lantas bagaimana sikap PSI?

"Sejak awal PSI mendukung Pak Jokowi sebagai presiden untuk periode kedua. Sejak awal kami menyerahkan sepenuhnya keputusan siapa yang menjadi cawapres kepada bapak Presiden," kata Juli.

3. PSI siap dukung KH Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin Jadi Cawapres Jokowi, Begini Sikap PSIIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Oleh sebab itu, Juli menegaskan, partai yang dipimpinnya komitmen mendukung KH Ma'ruf Amin untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019.

"Ketika Pak Presiden pada akhirnya memilih Kiai Ma’ruf, kami tentu saja mendukung secara penuh dan siap memenangkan pasangan Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf," tutup dia. 

Kalau kamu mendukung gak guys?

Baca Juga: Datangi MUI, Sukmawati Cium Tangan KH Maruf Amin

Line IDN Times

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You