Menaker: YouTuber Adalah Pekerjaan di Masa Depan 

YouTuber bukan pengangguran, gaji mereka jutaan rupiah lho

Surabaya, IDN Times- Menteri Ketenagakerjaan Indonesia Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, di era revolusi industri 4.0 akan banyak pekerjaan baru yang sebelumnya tidak bisa dibayangkan. Menjadi seorang YouTuber, pembuat konten di YouTube, adalah salah satunya.  

"Survei internal kami menunjukkan bahwa 65 persen pekerjaan di masa mendatang adalah pekerjaan yang gak dikenal. Tren lainnya adalah akan ada pekerjaan yang hilang. YouTuber misalnya. Orangtua kalian gak akan menduga. Susah jelasin pekerjaan itu, tapi menghasilkan jutaan rupiah," kata Hanif saat memberikan kuliah umum pada acara pengukuhan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) di Surabaya, Senin (3/9).  
 

1. Hanif menceritakan tentang Pardi, YouTuber asal Ponorogo

Menaker: YouTuber Adalah Pekerjaan di Masa Depan IDN Times/Vanny El Rahman

Dari atas podium, tentunya disaksikan 1274 mahasiswa baru Unusa, Hanif menceritakan tentang seorang YouTuber asal Ponorogo bernama Pardi. Uniknya adalah tetangganya mengira bapak dua anak itu adalah seorang pengangguran. Padahal, gajinya mencapai puluhan juta setiap bulannya.  

"Pardi ini saya tanya berapa gajinya. Dari google saja Rp10-15 juta perbulan, belum dari provider-nya. Total sebulan bisa sampai Rp25-30 juta. Kerjaannya hanya videoin apa saja. Ada tempat wisata baru di Ponorogo, dia videoin," terang Hanif.  

Saat ini, Pardi sudah mengunggah 461 video dengan total subscriber mencapai 38 ribu lebih. Rata-rata video yang diunggahnya dilihat oleh 10 ribu kali. 

 

2. Revolusi industri menuntut pekerjaan tanpa sumber daya

Menaker: YouTuber Adalah Pekerjaan di Masa Depan pexel/Terje Sollie

Sebelumnya, Hanif menceritakan bagaimana Uber mampu mengalahkan Blue Bird sebagai perusahaan penyedia transportasi umum terbesar di dunia. Padahal, Blue Bird memiliki sekitar 50 ribu kendaraan, sedangkan Uber tidak punya satupun taksi.  

"Inilah yang disebut bekerja tanpa sources. Seperti Pardi, dia duduk di sungai divideoin, nongkrong dimana saja pindah-pindah divideoin. Modalnya hanya kamera dan tripod. Ini yang dituntu dari revolusi industri 4.0," papar menteri berusia 46 tahun itu.  

 

Baca Juga: 7 Channel YouTube Horor Indonesia Terbaik yang Cocok Temani Malammu

3. Kuncinya adalah berani berinovasi

Menaker: YouTuber Adalah Pekerjaan di Masa Depan IDN Times/Vanny El Rahman

Kepada para mahasiswa baru, Hanif berpesan agar mereka berani menampilkan inovasi terbarunya. Selain itu, mau tidak mau, generasi milenial harus memasang standar yang lebih tinggi agar bisa meraih kesuksesan.  

"Kuncinya adalah harus punya skill dan karakter. Itu semua lahir dari krativitas dan inovasi. Harus berani bersaing. Harus memiliki standar yang lebih. Kalau dia bisa ini dapat rangking satu karena bangun jam 5, ya kita jangan ingin mengalahkannya tapi bangun jam 6," terangnya.  

Nah, melihat potensi YouTuber untuk meraup puluhan juta rupiah, kamu tertarik gak untuk menjadi YouTuber?

Baca Juga: 7 Fakta YouTuber Pony Makeup, Bertalenta dan Menawan Ya!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya